Kanal

Sekda Kabupaten Meranti Tinjau UNBK Hari Pertama di Tebing Tinggi

SELATPANJANG - riautribune : Kualitas sumber daya manusia (SDM) salah satu yang jadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Upaya yang dilakukan adalah dengan menjamin kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sekretaris Daerah Julian Norwis, SE MM didampingi Asisten III H. T. Ahrial, Drs. Khairizal, perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Riau melakukan peninjauan UNBK dibeberapa sekolah yakni SMAN 1 Tebing Tinggi, SMAN 2, SMEA, dan SMA Kalam Kudus, Senin pagi (10/4/2017).

Dalam peninjauan UNBK hari pertama dengan mata ujian Bahasa Indonesia yang dimulai pukul 7.30 WIB dan akan berlangsung selama 120 menit, rombongan Sekretaris Daerah mendapati UNBK dibeberapa sekolah yang ditinjau berjalan dengan aman dan lancar. Hal itu ditandai dengan tersedianya seluruh fasilitas khususnya komputer yang digunakan untuk ujian berbasis IT sehingga ujian dapat digelar tepat waktu.

"Jam 7.30 tadi UNBK sudah kami mulai dan tidak ada kendala, rencananya ujian Bahasa Indonsia yang kami laksanakan akan digelar dalam 2 sesi," jelas Libert selaku Kepala SMA Kalam Kudus Kepulauan Meranti.

Sekedar informasi, seperti dijelaskan Samiran selaku pengawas UNBK dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau berdasarkan aturan yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Standar Pendidikan, UNBK ini dapat digelar maksimal 3 sesi, di Meranti sendiri seperti di SMU Kalam Kudus diakui Libert hanya digelar 2 sesi disesuaikan dengan jumlah peserta yang mengikuti.

Jumlah peserta di SMAN 1 265 orang dengan rincian jurusan IPA 174 dan IPS 91 orang, SMA Kalam Kudus berjumlah 56 orang dengan rincian jurusan IPA 27 dan IPS 29 orang, SMA 2 jumlah peserta 180 dengan rincian jurusan IPA 89 dan IPS 91 orang.

UNBK direncanakan akan berlangsung selama 4 hari sampai Kamis depan, dengan mata Ujian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Dan uniknya tiap jurusan dapat memilih salah satu mata ujian yang diminati. Untuk jurusan IPA ditawarkan Fisika, Kimia dan Biologi sementara jurusan IPS Ekonomi, Sosiologi dan Geografi.

Dijelaskan, UNBK tahun ini telah menerapkan aturan baru, dimana UNBK bukan satu-satunya penilaian kelulusan siswa, kelulusan siswa tetap ditentukan oleh sekolah melalui Ujian Sekolah.

Pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Julian Norwis usai peninjauan mengaku dari beberapa sekolah yang dikunjungi UNBK hari pertama berjalan aman. dia berharap pelaksanaan UNBK di Kabupaten Kepulauan Meranti hingga akhir berjalan lancar dan aman.

"Saya harap terjalin kerjasama yang baik dari semua pihak penyelenggara, pastikan semua satana dan prasarana lengkap," ujarnya.

Dikatakan, sebagai sebuah kabupaten baru, Kepulauan Meranti sangat membutuhkan berbagai fasilitas penunjang pendidikan dan pelaksanaan UNBK khususnya komputer, untuk itu ia berharap Pemerintah Provinsi Riau untuk membantu menyediakan fasilitas tersebut.

"Kami harapkan Pemerintah Provinsi Riau juga dapat membantu fasilitas pelaksanaan UNBK, sehingga upaya untuk mensejajarkan diri khususnya dibidang pendidikan dapat segera tercapai," harapnya. 

Diinformasikan juga bagi siswa yang tidak dapat mengikuti ujian pada hari ini dapat mengikuti ujian susulan yang rencananya digelar tanggal 18 April 2017 mendatang. (rls)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER