Kanal

Gelombang Tinggi, Harga Jual Ikan Laut Naik Drastis Akibat Pasokan Berkurang

PEKANBARU - riautribune : Gelombang tinggi yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia membuat nelayan takut melaut. Imbasnya, harga ikan laut di pasaran naik tajam selama beberapa pekan terakhir, akibat ketersediaan pasokan tidak sebanding dengan tingginya permintaan pasar.

Murni, pedagang ikan di Pasar Pagi Dupa, mengatakan sudah beberapa pekan terakhir harga ikan laut naik. Berdasarkan informasi yang didapatkannya dari agen tidak banyak nelayan yang berani mencari ikan di laut lantaran takut gelombang tinggi dan cuaca buruk.

"Kondisinya sangat berpengaruh pada jalur distribusi ikan laut di pasaran. Pengiriman ikan laut agak terlambat," terang Murni, Ahad (9/4/2017).

Tidak hanya ikan laut, hal yang sama juga terjadi pada ikan air tawar seperti nila, gurami dan lainnya turun melonjak dengan harga yang bervariasi. Hal itu diakui Amir, pedagang lainnya, naiknya harga pasaran ikan karena panen gagal selama musim penghujan berlangsung.

"Musim penghujan menyebabkan sejumlah tambak meluap dan membuat ikan banyak yang lepas. Harganya lumayan juga naik," tutur Amir. (lem/rul)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER