Kanal

UR Teken Kerjasama dengan Universitas Ibaraki Jepang

PEKANBARU-riautribune: Universitas Riau (UR) melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Letter of Agreement (LoA) dengan Perguruan Tinggi Jepang melalui Universitas Kristen Ibaraki (Kota Hitachi Prefektur Ibaraki, Jepang). Kerjasama yang dibangun meliputi Program Pertukaran Staf Pengajar dan Penelitian, Pertukaran Mahasiswa dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), Pertukaran Budaya Antar Mahasiswa, Penelitian Bersama, Seminar, Kuliah Umum dan Simposium, serta pertukaran informasi dalam bidang keilmuan.

Dalam surat kesepakatan yang disusun dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang itu, ditandatangani oleh Rektor Universitas Riau, Prof. Dr. Ir. H Aras Mulyadi, DEA dengan Rektor Universitas Kristen Ibaraki Prof. Hiroshi Shoji. Acara penandatangan juga hadir oleh perwakilan dari Universitas Kristen Ibaraki yaitu Prof. Yamanaka Toshikatsu, Kepala Kantor Urusan Internasional, Ibu Utsuno, Prof. Horiguchi Satoru, Nakayama Kenichi dari dosen pembimbing mahasiswa, beserta 9 orang mahasiswa. Selain penandatanganan MoU, kedua belah pihak juga menandatangani Letter of Agreement (LoA) sebagai realisasisi awal dari kerjasama yang disepakati. Pada LoA tersebut disepakati Program Pertukaran Mahasiswa yaitu pertukaran 2 orang mahasiswa dari kedua pihak untuk menjalani studi selama satu tahun.

Program ini akan segera dimulai pada tahun depan. Lebih lanjut, kerjasama dalam rangka mempererat persahabatan, menumbuhkan rasa saling pengertian, dan meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian. Penandatangan kerjasama ini dilaksanakan di lantai IV Gedung Rektorat UR oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UR, Kantor Urusan Internasional UR, dan Junior Expert JICA.

Dalam kunjungan delegasi dari Jepang tersebut, delegasi juga melaksanakan praktek mengajar bagi mahasiswa Universitas Kristen Ibaraki, diskusi budaya, pengenalan lingkungan kampus UR. Kemudian delegasi juga dibawa melakukan kunjungan wisata ke Istana Siak, konservasi Margasatwa Danau Zamrud, dan lain sebagainya.(hms-ur/chm)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER