Kanal

Jokowi Sesalkan Lambannya Penanganan Kabut Asap

OKI-riautribune: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyesalkan lambannya penanganan kabut asap hingga mengganggu aktivitas masyarakat di sebagian besar Pulau Sumatera.

Menurut Jokowi, meski telah terjadi penurunan titik api, namun hal ini tetap menganggu dan mesti ada tindakan yang cepat untuk ditanggulangi.

“Jangan sudah kejadian seperti ini baru ada tindakan. Kalau sudah memasuki musim kemarau seperti ini memang sangat sulit untuk penanggulangan pemadaman kebakaran karena cuaca yang tidak menentu,” tegasnya, kemarin.

Jokowi menambahkan, ia sudah mendapat penjelasan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Iskandar, jika kebakaran hutan di Kabupaten OKI mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2014 yang mencapai seluas 8000 hektar lahan terbakar, tahun ini hanya 1000 hektar.

Meski begitu, Jokowi berharap dan menghimbau agar ada tindakan serius dari Kementerian Kehutanan, lembaga terkait serta instansi di daerah daerah untuk melakukan pengawasan sejak awal tahun agar tidak terjadi kebakaran.

“Tahun depan tindakan pencegahan harus diprioritaskan,” tuturnya.

Kebakaran hutan yang terjadi di Sumatera Selatan menjadi perhatian serius Jokowi, ia terjun langsung meninjau lokasi kebakaran hutan di Kabupaten OKI yang merupakan salah satu kawasan penyumbang asap terbanyak akibat kebakaran lahan beberapa bulan terakhir di Provinsi Sumatera Selatan.(okz)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER