Kanal

Jokowi: Selamat Jalan, Kiai Hasyim...

JAKARTA  - riautribune : Presiden Joko Widodo mengaku merasa kehilangan atas wafatnya KH Hasyim Muzadi. Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu meninggal dunia di kediamannya di Pondok Pesantren Al Hikam di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (16/3/2017) pagi.

"Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, Kiai Haji Ahmad Hasyim Muzadi di kediamannya di Malang, pagi tadi," kata Jokowi dalam akun Facebooknya.

Presiden mengatakan, bangsa Indonesia kehilangan salah satu ulama, guru, penjaga terdepan kebhinekaan. Seorang tokoh yang sebagian hidupnya didedikasikan untuk agama dan bangsanya.

"Sungguh, saya sangat kehilangan. Semoga almarhum Kiai Hasyim Muzadi beroleh tempat nan lapang di sisiNya, dan keluarga yang ditinggalkan tetap tegar dan tabah. Selamat jalan, Kiai Hasyim...," kata Presiden.

Sebelumnya, pada Rabu (15/3/2017) pagi menjelang siang, Presiden dan ibu negara, Iriana Joko Widodo, sempat menjenguk Hasyim yang dirawat di kediamannya di Ponpes Al Hikam di Jalan Cengger Ayam, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Putra sulung KH Hasyim Muzadi, Abdul Hakim, bercerita, tak banyak pembicaraan antara ayahnya dan Jokowi ketika itu. "Abah tahu kalau dijenguk Pak Presiden. Ya ada komunikasi tetapi tidak bercakap-cakap. Abah sedang istirahat," ujar Hakim.    

Jokowi dan Iriana langsung bertemu dengan Hasyim yang didampingi istrinya, Muthamimmah. Menurut Hakim, sang ayah membuka mata ketika dikunjungi Jokowi.

Tetapi komunikasi yang terjalin memang tidak dalam percakapan yang panjang dan lancar sebab Hasyim dalam kondisi lemas. Sekitar 15 menit Jokowi bertemu Hasyim. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Pondok Pesantren Al Hikam 2 di Depok, Jawa Barat.

Sebelum diterbangkan ke Depok, KH Hasyim Muzadi terlebih dahulu akan dishalatkan di Masjid Al Ghozali yang ada di komplek Pondok Pesantren Al Hikam, Kota Malang.
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER