Kanal

Persib Kehilangan Stiker Sergio van Dijk

BANDUNG - Persib Bandung dirundung masalah pelik. Melenggang ke semifinal Piala Presiden 2017, Persib justru harus kehilangan striker Sergio van Dijk untuk sementara.

Cedera lutut memaksa Sergio absen dalam leg pertama semifinal kontra Pusamania Borneo FC (PBFC). Tanpa Sergio, 'Maung Bandung' menelan kekalahan 1-2.

Sergio sendiri merupakan pemain yang tidak tergantikan di lini depan. Sejak di fase grup, ia selalu bermain sejak menit pertama. Total ia sudah mencetak tiga gol penting untuk Persib di Piala Presiden.

Permasalahannya, tidak ada pemain lain yang memiliki karakter dan ketajaman setara dengan Sergio. Matsunaga Shohei lebih berkarakter sebagai pendobrak. Sementara Sergio merupakan tipikal striker stylish. Meski pergerakannya tidak lincah, tapi saat mendapat peluang ia bisa memaksimalkannya.

Saat menghadapi PBFC dalam leg pertama lalu, pelatih Djadjang 'Djanur' Nurdjaman pun menurunkan Angga Febriyanto sejak menit pertama untuk mengisi lini depan. Tapi performanya sebagai debutan belum memuaskan.

"Kurang berkontribusi, selama 45 menit dia hanya beberapa kali menyentuh bola, dan kelihatannya belum siap betul," ujar Djanur di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Persib sendiri sebenarnya memiliki Mirko Livaja yang dibawa ke Samarinda. Meski sudah didaftarkan sejak awal, tapi ia akhirnya tidak bisa dimainkan karena ternyata dalam data panitia lokal nama Livaja belum tercantum.

Alhasil Livaja pun tidak dimainkan meski menurutnya sudah ada konfirmasi dari pihak panitia Piala Presiden di Jakarta bahwa Livaja bisa dimainkan. Ia tidak mau mengambil risiko menurunkan Livaja karena ogah menjadi polemik.

Livaja sendiri sebenarnya lebih bertipikal sebagai gelandang serang. Tapi ia memiliki naluri menyerang tinggi sehingga bisa 'dipaksakan' di lini depan. Minimal, ia diprediksi bisa membantu menambah daya gedor tim dari sektor tengah jika ditempatkan sebagai gelandang.

Jelang leg kedua semifinal melawan PBFC yang akan digelar 5 Maret 2017 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Djanur pun harus berpikir keras untuk menentukan sosok di lini depan. Sebab Sergio kemungkinan besar akan kembali absen.

"Sergio belum (sembuh), masih diobservasi terus, masih ada bengkak (pada lututnya)," kata Djanur.

Ia pun berencana melakukan perubahan komposisi pemain agar daya gedor Persib bisa tetap tajam tanpa kehadiran Sergio. "Saya berpikir untuk mengubah komposisi. Pilihan lini depan sudah disiapkan," tandasnya.(okz)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER