Kanal

Dua Mahasiswa UR Raih Karya Archipelago Terbaik

PEKANBARU - riautribune : Satu lagi prestasi yang diraih oleh mahasiswa Universitas Riau (UR), kali ini dua orang mahasiswa Universitas Riau berhasil mendapatkan penghargaan Karya Essay Archipelago terbaik dalam lomba essay nasional yang diselenggarakan di Universitas Patimura, Ambon, pada tanggal 21 Februari hingga 23 Februari 2017 lalu.

Adapun kedua mahasiswa UR tersebut ialah Solihin serta Johandika Syahputra Lubis. Yang mana kedua mahasiswa tersebut ialah berasal dari Fakultas Pertanian Jurusan Agrotekhnologi UR.

"Alhamdulillah, walaupun kami tidak jadi juara, tapi kami masih mendapatkan salah satu penghargaan yang disiapkan panitia The Honorable Archipelago Excellent Award," ujar Solihin.

Selain itu, mahasiswa yang juga merupakan ketua tim dari karya essay tersebut, menjelaskan kebahagiannya. "Alhamdulillah senang sekali, saya selaku ketua tim dari karya esay ini berinisiatif sangat ingin mengimplementasikan produk beras analog ini untuk daerah Riau terlebih dahulu, agar mendukung sumber pangan di Riau," ujar Solihin.

Dalam perlombaan essay yang bertemakan pangan dan inovasi bagi masyarakat pesisir ini, kedua mahasiswa bimbingan dosen Isnaini ini mempresentasikan hasil essay karya mereka yang berjudul beras analog asal buah lindur, sagu, dan kitosan kulit udang sebagai sumber pangan potensial masyarakat pesisir Indonesia.

Kedua mahasiswa ini sepakat, pemilihan buah lindur sebagai objek penelitian mereka dikarenakan buah lindur belum banyak dimanfaatkan, dan termasuk jarang sekali digunakan.

Bagi kedua mahasiswa tersebut, keikutsertaan mereka ialah yang pertama kalinya. Ini diutarakan oleh Solihin, "Alhamdulillah pertama kali ikut langsung masuk finalis dan langsung mendapat penghargaan karya essay Archipelago terbaik. Apa yang kami kerjakan selama dua bulan ini bisa membuahkan hasil. Senang bisa membawa harum nama baik universitas," ujarnya.(bpc)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER