Kanal

Bupati Siak Syamsuar Hadiri Malam Cap Go Meh

SIAK SRI INDRAPURA - riautribune : Kabupaten Siak saat ini telah masuk sebagai warisan budaya dan kota pusaka di Indonesia. Tentunya, sebagai destinasi wisata di Provinsi Riau, Siak bisa saja sejajar dengan Kota Penang, Malaka dari negara Malaysia dan Kota Solo serta kota-kota lainnya di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Bupati Siak H Syamsuar pada malam perayaan Cap Go Meh di Kelenteng Hock Siu Kiong, Siak Sri Inderapura, Sabtu (11/2/2017) malam.

Lebih lanjut, Syamsuar mengajak masyarakat untuk menjaga warisan tersebut, sehingga para pelancong yang datang dapat melihat Siak dari segi budaya, sejarah maupun cagar budayanya.

"Pariwisata ini akan maju kalau ada dukungan dari masyarakatnya. Untuk itu partisipasi dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, seperti keramah-tamahan kepada pelancong, sopan santun dan kepedulian kita terhadap lingkungan dan kebersihan," ujarnya.

Dikatakan Syamsuar, saat ini pihak Malaka sudah bersedia membantu untuk mempromosikan Kabupaten Siak yang terkenal dengan sebutan Negeri Istana."Mereka siap mengembangkan pariwisata dalam bentuk kerjasama antar negeri. Kita berharap nantinya kerjasama ini mendapat dukungan dan persetujuan dari Mendagri dan Menteri Luar Negeri," ujarnya.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pariwisata, lanjut Syamsuar, pihaknya berencana membuat tempat tiket dan toilet yang berdekatan dengan Istana Siak.

"Nanti para pelancong diberikan 1 tiket untuk 6 kunjungan wisata termasuk kelenteng. Dan tentunya sudah disiapkan para petugas yang bisa memberikan informasi seputar objek wisata tersebut," jelasnya.

Saat ini angka kunjungan wisata ke Siak cukup besar, sementara tempat parkir yang ada belum bisa menampung kendaraan yang datang. Mengatasi hal tersebut, pemerintah telah mempersiapkan peraturan daerah "Sepuluh Ribu Langkah". "Artinya, setiap pengunjung yang membawa kendaraan, parkirnya di satu titik yang telah ditentukan, selanjutnya mereka berjalan kaki menyusuri objek wisata yang ada di Kota Siak ini," pungkasnya.

Usai menghadiri perayaan Cap Go Meh, Syamsuar tampak berbaur dengan warga Tionghoa serta berdialog dengan Ketua PSMTI Siak beserta jajarannya.(grc)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER