Kanal

Telkom Segera Luncurkan Telkom 3S

JAKARTA - riautribune : Telkom akan segera meluncurkan satelit Telkom 3S. Banyak pihak punya harapan besar terhadap satelit ini, termasuk Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Menkominfo menyambut baik rencana peluncuran satelit Telkom 3S pada pertengahan Februari 2017 ini. Ia pun berharap proses peluncurannya dapat berjalan lancar. "Saya ucapkan selamat, mudah-mudahan berlangsung lancar dan sukses," kata pria yang kerap disapa Chief RA.

Menurutnya kehadiran Telkom 3S sangat dibutuhkan. Sebab, Indonesia kekurangan pasokan satelit untuk memenuhi kebutuhan, baik pemerintah maupun industri. Tercatat, dari kebutuhan 300 transponder satelit, baru 160 transponder yang bisa dipenuhi dalam negeri.

Karena itu, Menkominfo kembali mendoakan proses peluncurannya tidak menemui kendala. Pasalnya saat peluncuran, kendala teknis bisa saja terjadi. Misalnya faktor cuaca yang kurang baik.

"Kendala saat peluncuran terkadang muncul. Tapi Telkom adalah perusahaan pionir yang punya satelit. Saya rasa mereka memiliki persiapan yang baik, jadi Telkom akan sukses," pungkas Rudiantara.

Seperti diketahui, Satelit Telkom 3S akan diluncurkan pada 15 Februari 2017 pukul 04.39 WIB di Guiana Space Center, Kourou, Guyana Prancis. Telkom 3S akan membawa 49 transponder ke slot orbit 118 derajat Bujur Timur (BT).

Menurut Direktur Network and IT Solution Telkom, Abdus Somad Arief, peluncuran satelit Telkom 3S ini sekaligus menandai kiprah 40 tahun Telkom dalam mengelola satelit di Indonesia.

"Hingga saat ini, semua persiapan on schedule. Kami harapkan agar persiapan selanjutnya, peluncuran satelit hingga tiba di orbit dapat berjalan lancar tanpa kendala. Kami juga memohon doa restu dari seluruh rakyat Indonesia agar kami dapat memberikan karya terbaik sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh rakyat dan bangsa Indonesia," harapnya.(dtk)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER