Kanal

Jokowi: Kita Tak Terdampak Kebijakan Imigrasi Trump, Kenapa Resah?

JAKARTA - riautribune : Presiden Joko Widodo menjamin kebijakan imigrasi yang diterapkan Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru, Donald Trump, tak akan berpengaruh ke Indonesia. Karena itu warga negara Indonesia diminta tidak resah.

"Kita tidak terkena dampak dari kebijakan itu, kenapa resah?" ujar Jokowi di Sentra Kerajinan Tembaga Tumang, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (30/1/2017).

Jokowi berbicara usai menghadiri peluncuran kebijakan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor bagi industri kecil dan menengah. Hal ini disampaikan lewat keterangan tertulis dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Mengenai kebijakan Trump, Jokowi menyatakan Indonesia sebagai negara berdaulat punya sikap berbeda. Indonesia selalu menjunjung tinggi prinsip kesetaraan. "Prinsip konstitusi saya kira jelas bahwa yang namanya keadilan, yang namanya kesetaraan, harus terus diperjuangkan," tegas Jokowi.

Trump telah menandatangani perintah eksekutif untuk menangguhkan seluruh penerimaan pengungsi. Sementara ini dia membatasi kedatangan warga dari tujuh negara berpenduduk mayoritas Muslim, yakni dari Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, Suriah dan Yaman.

Kementerian Luar Negeri Indonesia melalui seluruh perwakilan di AS meminta WNI di AS tetap menghormati hukum setempat dan ikut menjaga ketertiban umum di lingkungan masing-masing.

Selain itu, Menlu Retno Marsudi telah menginstruksikan seluruh perwakilan di Washington DC, Chicago, Houston, Los Angeles, New York, dan San Francisco untuk mengaktifkan layanan hotline 24 jam.

"Pemerintah Indonesia melalui perwakilan RI di seluruh Amerika Serikat terus mengamati perkembangan yang terjadi dan akan mengantisipasi dampak yang mungkin timbul bagi WNI," ujar Direktur Jenderal Perlindungan WNI-BHI Lalu Muhammad Iqbal dalam rilis tersebut.(dtk)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER