Kanal

Be Original.’ Semangat Baru SHARP

JAKARTA – riautribune : Menurut data GfK, kondisi pasar elektronik Indonesia  di tahun 2016 mengalami penurunan sebesar 2,7 persen di banding tahun sebelumnya. Penurunan ini dikarenakan beberapa faktor, diantaranya adalah adanya penurunan daya beli masyarakat. Walaupun kondisi pasar kurang baik, namun hasil penjualan SHARP sepanjang tahun 2016 mengalami peningkatan dibanding tahun 2015 dan menunjukan adanya pertumbuhan market share menjadi 19,6 persen untuk seluruh total kategori..

Tahun 2016 pun dilewati oleh SHARP dengan mendulang beragam prestasi, yaitu di awali pada bulan April 2016, SHARP berhasil memproduksi 15 Juta unit lemari es, lalu pada bulan Oktober 2016 SHARP berhasil mencapai angka 20 Juta unit TV, dilanjutkan dengan pencapaian 5 Juta unit mesin cuci pada bulan Desember 2016. “Kami tidak bisa mencapai semua ini  tanpa dukungan dari pelanggan setia kami di  seluruh Indonesia dan semua media yang mendukung,  untuk itu dalam kesempatan ini ijinkan saya mengucapkan terima kasih kepada Anda semua”, ucap Fumihiro Irie selaku President Director PT SHARP Electronics Indonesia di kata sambutannya pada acara Press Conference peluncuran slogan SHARP ‘Be Original.’.

Di tahun 2017 BAPPENAS memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan naik di kisaran 5,1 – 5,3 persen. Hal ini menjadi landasan bagi SHARP untuk membuat strategi pemasaran guna meningkatkan hasil penjualan dan market share. Salah satunya adalah dengan menggarap lebih serius pasar perdagangan elektronik (e-commerce). “Saat ini SHARP telah menjalin beberapa kerjasama dengan beberapa toko online di Indonesia. Selama tahun 2016, penjualan melalui kanal ini memberikan kontribusi sebesar 1-2 persen. Menurut data yang kami dapat dari idea, Asosiasi E-commerce Indonesia, pertumbuhan perdagangan elektronik di Indonesia di tahun 2017 akan tumbuh sebesar 122 persen. Ini memperlihatkan adanya peluang yang cukup menggiurkan untuk digarap. SHARP pun akan membuat produk – produk yang berbeda untuk membedakan pasar offline dan online hingga masing-masing kanal akan memiliki kelebihan untuk ditawarkan kepada konsumen”, ungkap Andry Adi Utomo selaku National Sales Senior General Manager PT SHARP Electronics Indonesia.

SHARP telah menargetkan pencapaian penjualan untuk beberapa kategori produk, yang pertama  yaitu kategori peralatan rumah tangga ( Home Appliances ), SHARP menargetkan penjualan sebesar 107 persen dibanding tahun sebelumnya. “Kami memperkirakan pertumbuhan sekitar 107 persen di tahun 2017 dimana tahun ini diperkirakan konsumsi masyarakat akan meningkat karena adanya hari raya tahun baru Cina, lebaran dan natal serta program pembangunan rumah subsidi dari pemerintah, hal ini dibarengi dengan meningkatnya middle & upper class di Indonesia, sehingga daya beli masyarakat meningkat. Begitu pula dengan produk LED TV, SHARP menargetkan penjualan sebesar 165 persen dibanding tahun lalu dengan target sebesar 1,5 juta unit LED TV selama 1 tahun. Kami optimis mampu mencapai target karena di tahun 2017 SHARP sudah memiliki tambahan line-up produk hingga mampu menaikan pangsa pasar dan menduduki peringkat pertama untuk kategori LED TV dimana para pesaing pun akan sulit untuk dapat mengejar kami, selain itu di tahun 2017 di prediksi akan adanya peningkatan  permintaan TV digital karena pemerintah sudah mulai mencanangkan siaran TV digital ditahun 2018 dan pergeseran penggunaan CRT TV”,  jelas Andry.

Bisnis strategi yang akan dilakukan PT SHARP Electronics Indonesia didukung oleh SHARP Corporation. Selama lebih dari 100 tahun SHARP hadir di dunia, selama itu pula SHARP berkontribusi pada dunia dengan menciptakan beragam teknologi dan inovasi produk.  Pada pertengahan tahun 2016, SHARP memasuki babak baru dengan menandatangani kesepakatan untuk menjalin aliansi strategis dengan Foxconn Technology Group.

Di awal tahun 2017, guna meningkatkan nilai mereknya dan memberikan nuansa baru akan perusahaan,  SHARP meluncurkan slogan ‘Be Original’.  Slogan ini menjadi pendorong perusahaan untuk menjadi merek global yang inspiratif. ‘Be Original’ akan tampil dalam kampanye merek global SHARP di masa yang akan datang dan berfungsi sebagai komitmen baru perusahaan untuk konsumen setianya di seluruh dunia. “Di bawah struktur  manajemen baru, SHARP akan terus meningkatkan kinerja dan mengembangkan bisnisnya sampai dengan lebih dari 100 tahun ke depan tanpa melupakan akar sejarah pendiriannya. Slogan ‘Be Original.’ di anggap mampu mewakili sejarah SHARP dan menjadi tonggak sejarah bagi kebangkitan SHARP yang baru”, ungkap Haruhiko Sano, General Manager Brand Strategy Group, PT SHARP Electronics Indonesia.

‘Be Original.’ memaknai dua pesan penting bagi SHARP. Sejak didirikan oleh Tokuji Hayakawa sejak tahun 1912. SHARP selalu bekerja untuk mengembangkan orisinalitas-nya. ‘Be Original.’ mencerminkan semangat perusahaan yang dijelaskan oleh pendiri SHARP  Tokuji Hayakawa melalui Prinsip Bisnis SHARP, ‘Kejujuran dan Daya Cipta’ yang memandu perilaku perusahaan dengan tetap mempertahankan DNA kreatifitas untuk selalu menciptakan produk – produk dan teknologi yang membuat orang lain ingin meniru.

SHARP akan terus mempertahankan komitmen untuk menjadi perusahaan yang berorientasi pada konsumennya dengan terus membawa nilai baru kepada pelanggan. Sebagai bagian dari tujuan ini, SHARP akan memperkenalkan produk dan layanan yang unik dan inovatif, menciptakan cara untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan untuk memungkinkan mereka untuk menikmati kemudahan teknologi.

Di Indonesia, PT SHARP Electronics Indonesia telah menyiapkan beberapa strategi untuk meningkatkan citra merek dan volume penjualannya. Salah satunya dengan menyasar anak muda sebagai upaya meningkatkan market sharenya, PT SEID menyelenggarakan kegiatan Brand activation, SHARP INFINITY Road Show, Live Your Life, sebuah kegiatan pameran dengan konsep yang unik dan penuh nuansa anak muda yang kekinian. Selain itu, PT SEID pun memanfaatkan kanal digital dengan memproduksi drama mini seri ‘Shield of Love’ yang sudah mulai tayang pertanggal 23 januari 2017 lalu di youtube dan media sosial dan dibintangi oleh Donna Agnesia dan Darius Sinatrya. Di tahun 2017, SHARP juga akan meningkatkan pelayanan purna jualnya dengan menambah kantor servis di beberapa titik dan menawarkan waktu garansi yang lebih lama seperti garansi 10 tahun untuk kompresor AC, 3 tahun untuk LED TV, 5 tahun untuk motor, dan 10 tahun untuk kompresor lemari es. “ Ini menunjukan jika produk SHARP memang memiliki kualitas yang bagus, karena kami berani memberikan garansi yang lebih lama”, ungkap Andry Adi Utomo selaku National Sales Senior General Manager PT SHARP Electronics Indonesia.

SHARP tidak akan pernah berhenti untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh konsumen setia kami di seluruh dunia. SHARP telah bertahan lebih dari 100 tahun dan akan terus tumbuh berkembang hingga 100 tahun kedepan. Dengan strategi bisnis yang kami miliki, kami yakin mampu mengembangkan bisnis kami dan menguasai pasar elektronik di Indonesia”, tutup Andry.(rls)



 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER