Kanal

Ridwan Kamil Bicara soal Desy Ratnasari di Pilgub Jabar

BANDUNG - riautribune : Wali Kota Bandung Ridwan Kamil angkat bicara ketika namanya menghangat sebagai topik pembicaraan disandingkan dengan anggota DPR RI Desy Ratnasari sebagai pasangan ideal Gubernur dan Wakil Gubernur dalam ajang Pilgub Jawa Barat 2018.

"Belum memutuskan jadi tidak bisa berandai-andai. Sepertinya berat, saya takut bu Atalia (istrinya) cemburu?," kata Ridwan Kamil berkelakar, Rabu, 18 Januari 2017.

Ridwan Kamil mengatakan, Desy Ratnasari memiliki potensi untuk mendongkrak popularitas pasangannya di Pilgub Jabar 2018. Menurut dia, masyarakat Jawa Barat masih cenderung menyenangi sosok artis.

Ridwan berujar, dalam sejarah orang Jawa Barat entah kenapa menyenangi artis-artis sebagai salah satu pimpinan. Dia mencontohkan Deddy Mizwar, Dede Yusuf, Desy Ratnasari. Ketiga kebetulan berawalan abjad D. "Di DPD yang menang Oni, pelawak," ucapnya. Ridwan berpendapat faktor popularitas selebriti di pesta demokrasi langsung yang mengandalkan popularitas masih kuat.

Ridwan Kamil menilai Desy Ratnasari adalah artis yang ternyata terbukti memiliki kemampuan di dunia politik. "Bu Desy dulu memang memiliki popularitas sebagai artis. Tapi sejak jadi anggota DPR dia melakukan proses pembelajaran luar biasa. Jangan dipandang sebelah mata, jangan-jangan memang sudah luar biasa," tuturnya.

Selain itu, Ridwan Kamil menilai Desy Ratnsari adalah sosok tokoh yang mudah disukai masyarakat. "Cantik, populer, khas orang sunda.  Likeable-lah," ujarnya.

Berdasarkan hasil survei terbaru Indonesia Strategic Institute (Instrat), pelantun lagu pop Tenda Biru itu menempati urutan teratas sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat dengan suara 33,4 persen. Desy mengungguli calon lain, seperti Dede Yusuf yang memperoleh 26,2 persen, Rieke Diah Pitaloka 23,1 persen, dan istri Gubernur Jawa Barat, Netty Heryawan, 15,3 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Instrat Jalu Priambodo, Desy memiliki sejumlah keunggulan dibanding tokoh lain. "Responden, misalnya, menilai Desy Ratnasari sebagai sosok muda yang sopan dan santun, juga dianggap bersih," ujarnya, Senin, 16 Januari 2017.

Dewan Perwakilan Wilayah Partai Amanat Nasional ‎Jawa Barat memberikan sinyal paling kuat kepada Desy untuk maju dalam pilkada Jawa Barat 2018. Soalnya, Desy dinilai memiliki pengalaman dan kemampuan yang cukup baik di pemerintahan. "‎Desy itu S-2 psikologi. ‎Selama ini, dia juga bagus dan sering turun ke bawah. K‎e partai, dia juga aktif, termasuk aktif juga di DPR ‎RI," tuturnya.(tmpo)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER