Kanal

Rektor UR Hadiri Pelantikkan Ika Fak Perikanan

PEKANBARU  - riautribune : Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau, Prof Dr Ir Bintal Amin MSc mengukuhkan 41 pengurus Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Perikanan dan Kelautan (Faperika) Universitas Riau (UR) Priode 2017-2020.

Pengukuhan yang diselenggarakan di Gedung Daerah Riau, Senin (16/1) dihadiri Gubernur Riau yang diwakili Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi, Rektor UR, Prof Dr Ir Aras Mulyasi DEA, Ir Ridwan, Manda Putra MSi, Kadis Perikanan dan Kelautan Riau, Ir Tien Mastina MSi, tokoh masyarakat dan lainnya.

Dalam sambutannya, Prof Dr Ir Bintal Amin MSc, mengatakan pengukuhan IKA Faperika-UR ini merupakan 41 Pengurus IKA Faperika UR Dikukuhkan kebanggaan bagi alumni Faperika. Karena organisasi ini memiliki sejarah panjang dengan berbagai memori yang memberikan dampak positif dari sebuah perjuangan. Baik bagi alumni sendiri maupun untuk kemajuan daerah.

‘’Kita sangat bangga dengan IKA Faperika, ini merupakan bukti jika Fakultas Perikanan UR telah melahirkan sosok ahli yang berguna untuk bangsa dan daerah,’’ katanya.

Diceritakannya, perjalanan pembentukan IKA Faperika memiliki sejarah luar biasa. Di mana sebelumnya sempat terseok-seok karena minimnya fasilitas anggaran dan lainnya. Namun karena kegigihan dan kekompakan para alumni akhirnya terbentuklah dengan sempurna sampai hari ini.

‘’Alhamdulillah, semuanya bisa terbentuk dan bisa dikembangkan lebih baik kedepan. Terutama dalam membangun masyarakat dan Riau kedepan sesuai keahlian. Fakultas perikanan ini merupakan fakultas termuda di Indonesia, yaitu salah satu fakultas pertama dari empat fakultas yang ada di UR. Untuk itu berharap seluruh alumni bisa terus mengembangkan kedepan,’’ tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum IKA Faperika-UR Prof Dr Ir Baikal SPi MSi menyatakan, akan terus mengembangkan organisasi tersebut sesuai tujuan pembentukan. Terutama dalam menyumbangkan pokok fikiran sesuai keahlian dibidang perikanan dan kelautan.

‘’Kedepan kita akan terus berkoordinasi dengan seluruh alumni. Terutama dalam pengembangan perikanan dan kelautan di Riau yang sangat berpotensi untuk perekonomian Riau kedepan,’’ ujarnya.

Gubernur Riau yang diwakili Setdaprov Riau, Ahmad Hijazi, menyarankan para alumni perikanan dan kelautan terus fokus pada keahlian dan bisa mengembangkan pada seluruh daerah yang ada di Riau. Pasalnya, sesuai informasi selama ini masih minim tenaga ahli dari perikanan dan kelautan. Sementara Riau melahirkan ratusan bahkan ribuan ahli setiap tahun. Khususnya dari UR.

‘’Kita pernah menanyakan berapa banyak ahli perikanan dan kelautan yang menjadi nelayan. Ternyata masih sedikit dan minim. Untuk itu kita menyarankan lagi, kepada seluruh alumni Faperika-UR ini untuk bisa menyumbangkan keahlian dan bergerak memajukan perikanan dan kelautan di Riau kedepan,’’ harap Hijazi.

Hal senada juga disampaikan Rektor UR, Prof Dr Ir Aras Mulyasi DEA. Rektor mengharapkan dengan terbentuknya, IKA Faperika-UR ini mampu untuk terus mengembangkan keahlian kedepan, dan bisa menjadi harapan bagi daerah. Karena untuk perikanan dan kelautan ini, Riau memiliki tanaga ahli seperti alumni yang telah dilahirkan UR.

‘’Kita berharap alumni Faperika ini bisa terus mengembangkan perikanan Riau kedepan. Sebelumnya Riau ini pusat perikanan di dunia, kejayaan itu harus bisa dikembalikan lagi,’’ beber Aras.(rpz)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER