Kanal

Kapolri: Satpam Adalah Garda Terdepan dalam Pengamanan

 JAKARTA - riautribune : Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan kepada seluruh anggota satuan pengamanan (satpam) saat apel upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Satpam agar tidak berkecil hati dengan pekerjaanya.

Profesi satpam adalah mulia dan strategis sebagai garda terdepan dalam menciptakan janiman perlindungan terhadap dunia usaha di Indonesia.

"Kita semua paham saat ini kita dalam proses pembangunan investasi perusahaan menjadi hal-hal yang sangat penting dalam mendorong pembangunan. Rekan-rekan adalah garda terdepan untuk mengamankan tempat masing-masing," kata Kapolri di Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (14/1/2017).

Kapolri pun mereview kembali ingatan semua orang yang hadir di lokasi bagaimana satpam memiliki peranan penting dalam pengamanan.

"Kita tentu masih ingat bagaimana peristiwa bom Kedutaan Besar Filipina siapa yang menjadi korban pertama, yang jadi korban pertama adalah anggota satpam yang menjaga itu, bukan elemen lainnya," katanya.

"Siapa yang kemarin membantu untuk melaksanakan penanganan dan penanggulangan awal pada saat kasus bom di Jalan Thamrin 14 Januari tahun lalu. Anggota satpam," sambung Tito.

Selain itu, orang yang pertama menangkap pelaku di pusat perbelanjaan adalah satpam. Begitu juga yang mengamankan lingkungan di tempat-tempat pekerjaan maupun komplek perumahan.

"Siapa yang menangkap pelaku kejahatan di mall di tempat publik lainnya yang ada anggota satpamnya dan di sana tidak ada polisi dan TNI, anggota satpam yang melaksanakan itu. Jadi peran penting anggota satpam sangat luar biasa dalam rangka memberikan kotribusi untuk mengamankan dan memberikan ketertiban dalam lingkungan masyarakat," tukasnya.(okz)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER