Kanal

Sekda Prov Riau Pimpin Rakor KARHUTLA

 PEKANBARU - riautribune : Meski titik panas mulai bermunculan, namun Provinsi Riau belum menetapkan status siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2017. Pasalnya, hingga saat ini belum ada satu pun Kabupaten/Kota yang menetapkan status siaga karhutla. Untuk itu dalam rapat koordinasi (Rakor) Karhutla 2017 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meminta kepada Kabupaten/Kota segera mengkaji status darurat karhutla di daerahnya masing-masing.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi dalam rakor mengatakan, ‎sejauh ini ada beberapa kabupaten sudah terdapat titik api seperti Rokan Hilir, Kuantan Sengingi, Rokan Hulu dan beberapa daerah lainnya.

"Rata-rata kan sudah ada daerah yang ada titik api, dan sudah sah kalau ditetapkan status darurat karhutla. Jadi ada 1 atau 2 saja, kita dari Provinsi Riau tentu akan menetapkan status siaga darurat," kata Sekda, Jumat (13/01) usai rakor karhutla 2017.

Dari status tersebut, lanjut Sekdaprov Riau, Pemprov Riau nantinya akan memberdayakan seluruh potensi yang ada untuk bergerak dalam pencegahan.

"Dari SKPD kita kan sudah menyiapkan kebutuhan berupa logistik dan peralatan. Begitu juga untuk personel dari TNI dan Polri, sudah menyatakan siap mencegah karhutla. Jadi kita sudah komitmen, tidak ada satu pun titik api yang tak bisa dipadamkan," tandasnya.(drn)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER