Kanal

Anggota KY Pantau Langsung Sidang Ahok di Kementan

JAKARTA - riautribune : Anggota Komisi Yudisial (KY), Jaja Ahmad Jayus memantau langsung proses persidangan kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Jaja menyampaikan, kehadirannya itu untuk memastikan majelis hakim sudah memenuhi ketentuan-ketentuan hukum acara dalam menangani perkara penudaan agama tersebut.

"Yang paling penting yang dikontrol KY itu dalam proses persidangan apakah hakim sudah memenuhi ketentuan-ketentuan hukum acara atau tidak," ucap Jaja di Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2017).

Dikatakan Jaja, sidang yang berlangsung lama dan terbuka untuk umum cenderung rawan menyimpang dari prosedur yang sudah ditentukan. Kendati demikian, berdasarkan hasil pemantauannya, dia menegaskan hingga saat ini sidang masih berlangsung normal.

"Sampai hari ini masih normal. Misalnya, karena sidangnya maraton, lama, mungkin hakimnya lelah, ngantuk dan sebagainya, itu yang dipantau oleh KY. Kemudian karena lelah dan sebagainya, mungkin saja ada yang ngobrol, itu kan kurang bagus karena menghilang konsentrasi hakim," pungkasnya.(okz)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER