Kanal

Pilkada Inhu, Tengku No 1, Yopi No 2

RENGAT-riautribune: Berdasarkan pencabutan nomor urut Pemilukada Inhu melalui pleno KPU tentang pengundian nomor urut dan pentapan nomor urut, pasangan Tengku Mukhtaruddin-Aminah Susilo memperoleh nomor 1 dan pasangan Yopi Arianto-Khairizal mendapat nomor urut 2.
 
Sesuai tata tertib pencabutan nomor urut pasangan calon kepala daerah yang ditetapkan KPUD Inhu, pasangan calon harus memilih satu tabung dari tujuh yang telah tersedia. Sementara ketujuh tabung tersebut, hanya ada dua tabung yang berisikan kertas bertuliskan nomor urut 1 dan nomor urut 2 karena lima tabung lagi hanya di isi kertas kosong.
 
Pasangan Tengku Mukhtaruddin (TM)-Aminah yang oleh tatib KPUD mempersilakan Tengku Mukhtaruddin memilih satu tabung diantara tujuh tabung yang tersedia harus puas dengan hasil tabung berisikan kertas kosong. Sementara tabung yang dicabut langsung pasangan calon Yopi Arianto berisikan kertas nomor urut 2. Dengan demikian, KPUD Inhu memutuskan dan menetapkan nomor urut 1 diserahkan kepada pasangan Tengku Mukhtaruddin-Aminah dan pasangan nomor urut 2 menjadi simbol Yopi Arianto-Khairizal.
 
Sebelum melakukan pengundian nomor urut, KPUD Inhu melakukan pengundian nomor giliran yang dilakukan masing-masing Calon Wakil, Aminah dan Khairizal. Aminah selaku pendamping Tengku Mukhtaruddin memperoleh nomor urut 4 dan Khairizal memperoleh nomor urut 5.

Berdasarkan nomor undian tersebut, TM ditetapkan mendahului YA memilih satu tabung dari tujuh tabung berisikan nomor urut 1 dan 2 tapi pada akhirya TM  harus puas memperoleh nomor urut 1 karena hasil tabung dia pilih berisikan kertas kosong.
 
Sementara Yopi yang memilih satu tabung setelah Tengku Mukhtaruddin bernasib mujur karena tabung yang dipilih berisikan kertas nomor urut 2. Pasca pemilihan dan penetapan nomor urut, masing-masing pendukung pasangan calon yang duduk bersebelahan dengan spontan menyuarakan yel-yel kebanggaannya.
 
Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan penandatangan ikrar kampanye damai dari masing-masing pasangan calon sekaligus menyatakan siap menerima hasil Pilkada dari KPUD Inhu. Selanjutnya Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo  menyerahkan 9 orang anggota Polres Inhu kepada maisng-masing pasangan calon dan anggota KPUD yang kelak bertugas melakukan pengawalan melekat terhitung 24 Agustus hingga 22 Desember mendatang. Tampak hadir Pj Bupati Inhu H. Khasiarudin, Forkomindam, Dandim dan Kapolres hingga pimpinan SKPD. (san)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER