Kanal

Kesbangpol Riau Gelar Pendidikan Budaya Politik

DUMAI-riautribune: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau melaksanakan pendidikan budaya politik bagi pengurus partai politik dan elemen masyarakat Dumai di Hotel Comfort Dumai  Selasa (25/8) kemarin. Kesbangpol Riau sengaja mengundang Wakil Rektor II Universitas Riau, Prof. Dr. Sujianto, M.Si sebagai nara sumber.

Pejabat Walikota Dumai melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemko Dumai Jurianto mengucapkan terimakasih kepada Badan Kesbangpol Provinsi Riau  yang telah memberikan pendidikan budaya politik terhadap pengurus partai politik dan elemen masyarakat Dumai. Apalagi, katanya, Dumai salah satu daerah yang melaksanakan helat demokrasi Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Indonesia.  Untuk itu pemahaman budaya politik itu sangat diperlukan.

”Dengan dilaksanakannya pendidikan budaya politik di Dumai bagi pengurus parpol dan elemen masyarakat ini diharapkan dapat memberikan pemahaman berpolitik yang berbudaya, santun dan saling menghormati. Pendidikan politik ini penting agar kita mengetahui bagaimana sesungguhnya sistem politik Indonesia itu berjalan sesuai dengan mekanisme dan norma yang berlaku,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Provinsi Riau Ardi Basuki menjelaskan, Kesbangpol memiliki tugas dan fungsi membina parpol, LSM dan elemen masyarakat. Mengingat Dumai pada 9 Desember mendatang akan menggelar Pilkada, maka pendidikan budaya politik sangat penting dilakukan. “Pendidikan budaya politik ini dapat menambah wawasan pengurus parpol dan elemen masyarakat," katanya. (jon)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER