Kanal

Pengukuhan Pengurus IKA FMIPA UR

PEKANBARU - riautribune : Ratusan alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Riau, memenuhi Bertuah Hall, Hotel Pangeran, Pekanbaru, Ahad (11/12/2016), malam.

Para alumni yang datang dari seluruh daerah di Provinsi Riau ini datang menghadiri pengukuhan pengurus Ikatan Alumni (IKA) FMIPA UR Periode 2016-2020. Sebagian besar dari mereka ikut dikukuhkan sebagai pengurus. Wajah-wajah mereka terlihat sumringah dan penuh kangen, baik dengan sesama teman dan juga dengan dosen.

Ketua Panitia Pelantikan, Anton Merciyanto, dalam laporannya menyebutkan proses pemilihan Ketua IKA FMIPA ini setelah melewati serangkaian pertemuan. "Akhirnya Yulisman diamanahkan memimpin IKA FMIPA untuk empat tahun kedepan pada pertemuan Sabtu (3/12) di salah satu rumah makan di Pekanbaru," papar Anton.

Menurut Anton, pada pertemuan tersebut tiga dari empat perwakilan IKA Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang ada di FMIPA secara aklamasi mempercayakan kepada alumni Jurusan Kimia Angkatan 1992 tersebut. Sedangkan alumni jurusan Biologi juga setuju setelah dihubungi melalui telepon. "Pertemuan ini juga dihadiri sejumlah anggota tim steering commite, panitia pembentukan dan Dekan FMPIA Unri Prof DR Adel Zamri," jelasnya.

Prosesi pengukuhan diawali pembacaan Surat Keputusan (SK) Dekan FMIPA UR oleh Wakil Dekan III, Dr Iwantono, MPhil dan nama-nama yang disebutkan naik ke pentas. Selanjutnya Dekan FMIPA, Adel Zamri, membacakan naskah pengukuhan dilanjutkan dengan penyerahan SK kepada Ketua IKA, Yulisman didampingi Ketua Harian Jon Mainir, Sekretaris Asril Darma dan Bendahara Bahrul Paham.

Pada jajaran penasehat Pengurus IKA FMIPA, tercatat sejumlah nama alumni, di antaranya, Syahrial, Iwantono, Mubarak, Tengku Ariful Amri, Edwin Syarif, Chainulfiffah dan Susi Endrini.

Ketua IKA FMIPA terpilih, Yulisman, dalam sambutannya mengakui proses pemilihannya ini memang agak unik. "Prosesnya termasuk cepat sejak wacana awal. Apalagi kepengurusan ini sudah cukup lama vakum. Setelah kita telusuri Ketua terakhirnya almarhum Pak Jhon Sahrul yang juga dosen FMIPA. Karena diamanahkan oleh saudara alumni semua, insya Allah kami siap menjalankannya," kata Yulisman yang juga anggota DPRD Riau ini.

Yulisman menjelaskan organisasi alumni merupakan paguyuban yang juga berperan menentukan kemajuan dan pengembangan FMIPA ke depannya. "Alumni juga menjadi jembatan antara kampus dengan dunia kerja. Apalagi alumni kita sudah ada di semua lini. Dengan kepengurusan baru dan semangat baru kita bisa membantu pengembangan fakultas untuk masa mendatang," katanya.

Dekan FMIPA, Adel Zamri, sangat menyambut baik sudah terbentuknya IKA FMIPA ini. Karena keberadaan organisasi alumni memang sangat dibutuhkan oleh fakultas terutama untuk proses akreditasi. "Salah satu penilaian dalam akreditasi adalah aspek alumni. Jadi hebatnya fakultas juga ditentukan baiknya alumni," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau, yang pada kesempatan ini diwakili Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Riau, Arbaini, dalam sambutannya menyampaikan sektor pendidikan sangat menjadi perhatian serius Pemprov Riau. "Kami berharap alumni FMIPA bisa menjadi pilar pembangunan Riau, terutama bidang di bidang pendidikan. Kami ucapkan tahniah kepada semua pengurus yang dilantik," katanya.(rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER