Kanal

Dimeriahkan Atraksi Gajah

 PEKANBARU - riautribune : Provinsi Riau dinilai memiliki keinginan besar untuk berubah dari cap buruk daerah rawan korupsi. Selama ini, tindak pidana korupsi sering terjadi di bumi Melayu yang kaya raya ini. Maka tidak heran, jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersikukuh ingin menjadi tuan rumah HAKI untuk membawa secercah harapan baru demi terciptanya pemerintahan yang bersih dari korupsi.

"Ini pertama kalinya KPK bekerjasama menyelenggarakan peringatan HAKI di luar Pulau Jawa.Dalam kesempatan ini, agenda pertama yang dilakukan Ketua KPK RI tersebut ditemani Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman membuka secara langsung gelaran Tunjuk Integritas Expo 2016.

Sebelum memotong pita, rombongan KPK dan Gubernur Riau ini disambut dua gajah binaan BKSDA Riau yang bernama Ngatini dan Budi. Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Agus Raharjo dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman sangat antusias menyaksikan atraksi gajah Sumatera itu sesaat sebelum membuka stand Integritas Expo di areal Gubernuran Jalan Diponegoro, Kamis (8/12/16).

Selain antusias menyaksikan pertunjukan dari satwa dilindungi tersebut, kedua pejabat ini juga dikalungi satu persatu oleh gajah yang diberi nama Ngatimin gajah betina dan yang jantan bernama Budi.

Ketua KPK menyatakan ketakjubannya atas kecerdikan hewan berbadan besar yang kini jumlahnya semakin berkurang tersebut. Para tamu yang menyaksikan menunjukan sikap antusiasnya dengan beberapa kali memberikan aplus.

Beberapa saat kemudian, Ketua KPK lalu membuka stand Integritas Expo ditandai dengan pemotongan pita. Di dalam stand ini, berbagai bilik dari instansi pemerintahan Riau dan provinsi lain, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), korporasi, serta berbagai komunitas penggiat anti korupsi menampilkan produk dan inovasi termasuk layanan Informasi Tekhnologi (IT).

Beberapa stand sempat dikunjungi Ketua KPK dan Gubri menyaksikan berbagai produk, inovasi dan layanan yang ditampilkan tersebut. Setelah berhasil melalui serangkaian acara, rombongan ini mengelilingi ratusan booth. Tak lupa, Ketua KPK RI, Agus Rahardjo dan Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman mengedukasi pengunjung yang datang mengenai makna integritas.

"Integritas itu menunjukkan kualitas anda dalam menegakkan kejujuran dan disiplin moral," kata Agus Rahardjo berkali-kali.(ehm)

    
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER