Kanal

Gubri Kukuhkan Pimpinan BAZNAS Provinsi Riau

PEKANBARU - riautribune : Sesuai dengan pasal 88 Undang-Undang no 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Gubernur H Arsyad Juliandi Rahman mengukuhkan kepengurusan pimpinan Baznas Provinsi Riau periode 2016 - 2021 pada Selasa, (06/12). Pengukuhan itu bertempat di Gedung Pustaka Wilayah Riau usai kegiatan Rakerda MUI Provinsi Riau.

Dalam pengukuhan tersebut AJR menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus yang sudah dilantik. Selamat menjalankan tugas dan amanah semoga senantiasa dalam lindungan Allah Swt, pesannya kepada lima orang pimpinan Baznas yang telah dilantik.

Kerja keras telah menunggu kedepannya, demi kemajuan Riau terutama dalam mensejahterakan masyarakat yang bersumber dari dana zakat yang telah dikumpulkan melalui baznas Riau, diharapkan pimpinan baznas ini dapat melaksanakan tugas dengan baik. Apalagi masyarakat Riau yang mayoritas Islam, hal itu menurutnya merupakan tantangan tersendiri bagi pengurus Baznas yang baru dilantik, jelasnya mengingatkan.

Pihaknya akan mendukung penuh apa yang telah menjadi keputusan dari Baznas demi kemajuan masyarakat Riau, harapnya menutup orasi dihadapan para tamu undangan.

Antusiasme juga ditunjukkan oleh Kepala Kanwil Kemenag Riau Drs H Ahmad Supardi yang juga turut hadir pada acara tersebut. Acara juga dihadiri sejumlah pejabat Asistem I Ahmad Syahropie, Kepala Biro Kesra, Ketua MUI Provinsi Riau Prof Dr M Nazir, Waketum MUI Riau Zulhni Domo, Kabid Pnaiszawa Drs H Irhas, Kabid Penmad Drs H Mahyudin MA, Kasi Zakat DR HM fahri serta sejumlah pejabat dilingkungan Pemprov Riau.

Pada kesempatan tersebut Ahmad Supardi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemprov setempat dan sejumlah pihak terkait lainnya sehingga bisa terselenggara acara pengukuhan pimpinan baznas yang baru ini. Dikatakannya dengan terbentuknya pengurusyang baru ini merupakan estafet dari kepemimpinan yang lama. Oleh karenanya diharapkan ke lima pimpinan baznas yang telah dilantik dapat melahirkan terobosan terobosan dan inovasi baru yang akan dapat menggeliatkan hati masyarakatuntuk berzakat.

Selain itu, sosialisasi tentang zakat juga harus terus ditingkatkan secara berkelanjutan, mengingat potensi zakat yang ada di Provinsi Riau sangat besar, diperkirakan bisa mencapai 40 milliard per tahun. Sementara saat ini dana zakat yang baru bisa terkumpul hanya 1,2 milliard per-tahunnya, terangnya mengungkapkan.

Untuk itu kepedulian masyarakat terutama para pejabat PNS di setiap instansi. Begitu pula perusahaan swasta, BUMN maupun BUMD berskala nasional yang berada di Riau seharusnya bisa menjadi sasaran dakwah bagi lembaga baznas kita, ucapnya. Mereka bisa digerakkan untuk memberdayakan dana zakat ini. Pun beliau mengharapkan kepada seluruh PNS yang telah berpenghasilan diatas empat juta rupiah perbulannya agar bisa mengeluarkan zakatnya sebanyak 2,5 persen dari gaji tersebut.

Adapun susunan pimpinan pengurus Baznas yang telah dikukuhkan tersebut yakni : Dr H Yurnal Edwar sebagai Ketua, Dr H Azwar Aziz SH MSi sebagai wakil ketua, DR H Syaidul Amin sebagai wakil ketua, Yahanan M Sy sebagai wakil ketua dan M Erwin sebagai wakil ketua.(ehm)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER