Kanal

Gubri Hadiri Soft Lounching KPK Serial Animasi Sahabat Pemberani

PEKANBARU - riautribune : Komisi pemberantasan korupsi akan meluncurkan kembali serial animasi 'Sahabat Pemberani" season ke dua. Adapun tokoh-tokoh dalam serial animasi tersebut diantaranya Krisna, Panji dan Kirana. Cerita tersebut dikabarkan akan lebih menarik. Soft launching dan roadshow kali ini diadakan di SMK Pertanian Terpadu. Kegiatan ini merupakan bentuk rangkaian kegiatan peringatan Hari Anti Korupsi Internasional 2016. Kegiatan ini nantinya akan berlangsung dibeberapa sekolah SD, SMP, SMA dan SMK di Pekanbaru.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Kadisdik provinsi Riau DR. Kamsol MM, kadisdik kota Pekanbaru Abdul Jamal, M.Pd, tim leader program anak dan remaja Doni Mariantono

Tim Leader Pendidikan budang pencegahan. Program Anak dan Remaja Donj Mariantono mengatakan serial animasi Sahabat Pemberani merupakan satu inovasi pembelajaran antikorupsi yang diproduksi oleh KPK dalam rangka mengenalkan nilai-nilai antikorupsi kepada generasi muda khususnya anak-anak.

"KPK harus kreatif dalam menciptakan media-media pembelajaran yang menarik sehingga anak-anak berkeinginan untuk mengenal nilai-nilai kejujuran,"katanya.

Dengan durasi sekitar 7 menit, pada season ke dua ini, serial animasi "Sahabat Pemberani" hadir dalam 6 episode diantaranya 'ROKI, Robot Kita Indonesia', 'Mesin Waktu', 'Main Jujur', 'Hari Pahlawan', 'Jelajah Pulau', dan 'Penyelamat Hutan'. Dengan kegiatan ini, KPK ingin menyasar penonton yang lebih luas mulai dari tingkat SD hingga SMA.

"Sahabat pemberani season dua memang masih ada kaitannya dari seasion 1 yang dilaunching pada tahun 2013. Karakter yang hadir pada season dua ini juga masih sama dengan season satu seperti Krisna, Panji dan Kirana,"katanya.

Apa yang dilakukan KPK, tambahnya, adalah sebagai upaya dalam membuat media pembelajaran antikorupsi. Dan film animasi ini merupakan salah satu media untuk menambah wawasan baik siswa atau tenaga pendidik. "Siswa akan lebih senang, belajar bersama diskusi bersama.

Selain film, kita juga melakukan pendekatan yang menyenangkan lewat boardgame(pembelajaran dengan permainan) seperti monopoli, alma dan ular tangga,"ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Doni berharap dengan adanya film animasi ini apa yg dibuat akan bisa bermanfaat bagi masyarakat, anak-anak dan dunia pendidikan.
"Ini juga merupakan salah satu modal untuj membangun dunia pendidikan lebih baik lagi, generasi lebih baik dan terus konsisten melanjutkan estafet memajukan mutu generasi bangsa,"tuturnya.

Sementara, Kamsol MM kepala dinas Pendidikan Provinsi mengatakan peran dinas pendidikan sendiri dalam kegiatan ini adalah menjadikan anak yang bukan hanya pintar tapi juga berakhlak baik. Menjadikan anak pintar itu banyak aspek yang harus diperhatikan. "Dengan kegiatan seperti ini dapat melatih bersikap jujur dan membantu sesama. Tujuannya untuk membentuk akhlak mulia pada anak dan berbudi pekerti luhur.

Kerjasama dengan kpk, lanjutnya, untuk mensosialisasikan film animasi sahabat pemberani. "Kegiatannya meliputi workshop ke sekolah integritas dan sekolah ini nantinya akan mengembangkannya. Dan kita berharapa bisa menyentuh hati anak-anak sehingga pesan yang ada dalam film ini akan lebih lama tersimpan di hati anak,"katanya.

Disisi lain, Nur yusuf selaku tim kreator dan aminator mengaku mendapatkan kendala-kendala dalam pembuatan film ini terutama di progress waktu pembuatannya. Akan tetapi, Nur mengatakan film animasi season dua ini lebih menarik.
"Dimensi kartun kita buat lebih enak, visual enak dapat mengantar pesan yang ingin disampaikan dari animasi. Harapannya, mudah-mudahan penyuluhan film animasi untuk anak-anak pesannya bisa sampai ke anak-anak. Saat nya mengculture animasi luar. Indonesia sendiri juga punya animasi yang bisa jadi acuan.(r24)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER