Kanal

HM.Wardan Ingatkan Seluruh Kadis Jangan Mainkan Proyek

TEMBILAHAN - riautribune : Seluruh Kepala Dinas (kadis) khususnya yang berada di sektor pembangunan kembali diingatkan oleh Bupati Indragiri Hilir, H M Wardan. Mereka diingatkan untuk jangan bermain-main dengan proyek pembangunan yang telah direncanakan dan dianggarkan oleh Pemkab Inhil.

"Saya sampaikan dan sudah tegaskan kepada masing-masing kepala dinas jangan bermain-main dengan proyek. Artinya laksanakan dengan sebaik-baiknya, pola transparan dan jangan sampai di potong-potong serta jangan ada anggaran tidak sampai kepada masyarakat. Hal ini tentu supaya betul dilaksanakan dan dapat dinikmati dengan baik oleh masyarakat," begitu katanya dihadapan masyarakat Kecamatan Keritang saat menghadiri peringatan Maulid Nabi di Masjid Baiturrahman, Desa Pasar Kembang, Keritang, Inhil, Senin (5/12/2016).

Untuk tercapainya seluruh program pembangunan di Inhil, katanya, bukanlah suatu hal yang mudah. Pemkab Inhil yang memiliki APBD kecil dibawah kepemimpinannya, tak henti-henti mendatangi dan melobi Pemprov Riau maupun Pemerintah Pusat agar mendapatkan tambahan anggaran bagi mencukupi target pembangunan yang telah direncanakan.

"Artinya kita tidak diam. Hampir setiap bulan saya datangi Bina Marga Provinsi dan hampir setiap bulan pula saya berangkat ke Jakarta pergi ke Kementerian tidak lain dan tidak bukan mencari uang karena anggaran kita sangat terbatas. Makanya saya tegaskan ke dinas-dinas, janganlah main-main dengan dana itu. Jika tak bisa dimanfaatkan secara baik, masyarakat yang rugi," tegas Wardan.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, beberapa sektor pembangunan di Inhil memang berjalan cukup baik. Sebut saja seperti proyek yang diberi nama oleh Pemerintahan Wardan yaitu pembangunan jalan Ibu Kota Kecamatan (IKK). Dengan ini, hampir seluruh ibukota kecamatan kini kondisi sudah berangsur baik jalan lingkungannya. Padahal sebelumnya, bertahun-tahun lamanya boleh dikata seperti tak tersentuh pembangunan.

"Alhamdulillah ibukota-ibukota kecamatan kita dengan IKK sudah mulai baik, termasuk di Keritang ini seperti yang kita lihat bersama," ujar Wardan yang pada waktu itu berkesempatan pula meninjau Proyek IKK di Keritang.

Menurut pengamatan, dana-dana dari pusat juga berhasil dijemput oleh Wardan seperti dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Sayangnya memang tak semua yang bisa berjalan baik. Padahal tentu menjemputnya bukan perkara yang mudah.

"Makanya saya tak bosan meminta pula kepada masyarakat agar turut memantau dan mengawasi proyek-proyek itu. Terpenting, tentulah SKPD yang berkewajiban mengawasinya dengan ketat. Sehingga tak kita dengar lagi proyek yang bermasalah," harapnya.

Pada kesempatan itu, selain jalan IKK, Wardan juga menyempatkan diri meninjau pembangunan jembatan Sei Reteh. Disebutkannya, dari hasil koordinasi dengan pihak Pemprov Riau, jembatan tersebut dipastikan akan dilanjutkan pembangunannya pada tahun 2017 mendatang.

"Alhamdulillah melalui koordinasi intens yang saya lakukan, Pemprov telah sepakat akan melanjutkan pembangunannya pada 2017 mendatang hingga selesai. Mudah-mudahan ini juga dapat berjalan lancar. Untuk itu kembali kepada seluruh pihak saya minta agar turut memantaunya hingga pelaksanaannya lancar," pungkas Wardan.(sc)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER