Kanal

Bikin Kesal Vettel, Pirelli Membela Diri

Stavelot-riautribune : Insiden ban mengganjal usaha Sebastian Vettel untuk naik podium di GP Belgia. Kegagalan itu membuat si pebalap Ferrari menumpahkan kekesalan pada Pirelli sang penyedia ban F1. Pirelli pun langsung merespons.

Mengusung strategi satu pit stop, yang berisiko, Vettel tampaknya akan menuai hasil setelah berhasil menempati posisi tiga sampai menjelang akhir balapan dengan Romain Grosjean terus membayangi.

Kemudian di lintasan lurus Sektor Kemmel, terjadilah insiden yang amat merugikan Vettel. Ban kanan belakangnya tiba-tiba meletus, koyak, dan membuatnya harus tertatih-tatih menyelesaikan balapan. Ia pun finis di posisi 12, kali pertama musim ini Vettel tak finis di zona angka.

"Hal-hal seperti itu tidak semestinya terjadi. Titik. Kalau terjadi 200 meter sebelumnya, aku tidak akan berdiri di sini sekarang," ucap Vettel kesal, merujuk pada sektor lintasan Eau Rouge yang harus dilalui sebelum Kemmel dan punya karakter paling menantang di Spa.

Pirelli, yang menjalani musim kelima secara beruntun sebagai penyedia ban F1, kemudian menyatakan rasa heran dengan strategi satu pit stop Vettel. Walaupun menjamin ketahanan ban sampai 40 putaran, Direktur Motorsport Pirelli Paul Hembery menyebut tidak ada jaminan mengingat hal tersebut juga bergantung pada situasi di atas lintasan.

"Ban itu sudah di ambang ketahanannya. Di belahan dunia mana pun kalau sudah seperti itu tentu saja Anda akan dapat masalah. Kami menduga strateginya akan berkisar pada dua atau tiga stop seperti yang biasa terjadi. Mereka (Ferrari) merasa bisa melakukan satu saja," ujar Hembery di Autosport.

"Umur ketahanan ban terindikasi bisa bertahan sampai 40 putaran, tapi itu cuma ancar-ancar. Tidak ada jaminan karena bervariasi pada setiap mobil, kondisi dan situasi balapan. Terkadang datanya tak akurat. Toh tim-tim lain jelas menjalani strategi berbeda, dua atau tiga strategi, jadi itu memberi Anda indikasi apa pemikiran mayoritas," lanjutnya

Dalam keterangan resminya yang dikutip Reuters, Pirelli juga secara tersirat memberikan kritik lebih lanjut kepada strategi satu stop Ferrari atas insiden ban Vettel. Pirelli mengatakan bahwa pada tahun 2013 lalu mereka sudah menyarankan adanya peraturan untuk membatasi secara pasti jumlah putaran yang dapat dijalani pada satu pasang ban yang sama.

"Kondisi tersebut, jika hari ini dipergunakan di Spa, akan membatasi jumlah putaran pada kompon medium pada jumlah 22 putaran saja," sebut Pirelli.(dtc)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER