Kanal

Bupati Bengkalis Buka Harkannas 2016

BENGKALIS - riautribune : Ribuan warga Bengkalis baik dari instansi pemerintah maupun masyarakat umum serta anak-anak sekolah turut serta menyemarakkan kegiatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2016 tingkat kabupaten Bengkalis di pantai Selatbaru kecamatan Bantan, Minggu (27/11/2016). Kegiatan Harkannas ini sendiri dibuka oleh Bupati Bengkalis Amril Mukhminin SE, MM beserta istri dan unsur forkominda.

Harkannas diikuti puluhan peserta dengan aneka kegiatan lomba memasak ikan, makan ikan dan permainan untuk anak-anak serta pameran aneka makanan dengan bahan baku ikan yang diikuti sejumlah instansi di Pemkab Bengkalis. Turut hadir selain bupati dan istri, ketua DPRD Heru Wahyudi SH, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Faizal Helmi S.Sos, perwakilan Polres Bengkalis, Plt Sekda Arianto dan sejumlah kepala SKPD.

Kepala Dinas kelautan dan Perikanan (DKP) Bengkalis Amril Fakhri SPi dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan Harkannas tahun 2016 adalah yang ketiga kali dilaksanakan. Tujuannya adalah untuk membudayakan makan ikan di kalangan masyarakat, karena ikan mengandung protein dan gizi yang tinggi untuk pertumbuhan khususnya anak-anak.

"Indonesia adalah Negara maritime dengan luas lautan mencapai 5,8 juta kilometer persegi dan merupakan negara maritime kedua terbesar di dunia. Di dalam lautan terkandung sumber daya alam yaitu ikan, yang memiliki potensi sangat luar biasa, akan tetapi tidak dibarengi dengan mengkonsumsi ikan yang maksimal oleh sebahagian besar masyarakat kita,”terang Amril.

Oleh karena itu, melalui gerakan Harkannas kali ini tukas Kadis DKP, pihaknya melibatkan banyak elemen masyarakat, terutama anak-anak dengan menghadirkan lomba kreasi bekal anak sekolah dari bahan baku ikan, serta aneka permainan. Untuk masyarakat umum, gerakan makan ikan harus ditingkatkan lagi, karena tingkat mengkonsumsi ikan ditengah masyarakat Bengkalis belum mencapai standar maksimal.

"Ada sejumlah kegiatan yang kita laksanakan hari ini dengan tujuan menggalakkan gerakan makan ikan disemua tingkatan umur ditengah masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan tingkat konsumsi ikan ditengah masyarakat lebih ditingkatkan,”ajak Amril Fakhri.

Sementara itu Bupati Bengkalis Amril Mukhminin dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Bengkalis untuk membiasakan diri dengan mengkonsumsi ikan secara rutin, khususnya kepada anak-anak karena kandungan gizi dan protein ikan dapat meningkatkan  kecerdasan dan daya tahan tubuh.

Dijelaskannya, kegiatan Harkannas dapat dijadikan momentum bagi lapisan masyarakat dan stake holder disektor terkait dalam mensosialisasikan gekaran makan ikan ke pelosok-pelosok di kabupaten Bengkalis. Karena Indonesia membutuhkan generasi yang cerdas dan kuat, tentunya harus dimulai sejak usia dini, dengan asupan makanan yang bergizi, salah satunya adalah ikan.

"Di Negara-negara maju dan berkembang, kebutuhan konsumsi ikan masyarakat mereka sangat tinggi, apalagi Jepang. Karena kecerdasan yang didapat anak tidak terlepas dari pola makan yang diberikan oleh orang tua,”papar bupati.

Amril mengimbau kepada masyarakat luas bahwa makanan yang bergizi tidak harus makannan mahal, tetapi bagaimana dapat membangun daya tahan tubuh serta kecerdasan si anak itu sendiri. “Ikan termasuk makanan yang lazim, tapi tidak semua masyarakat mengkonsumsi secara rutin, tinggal sekarang bagaimana menggalakkan makan ikan ketengah masyarakat dengan menggencarkan sosialisasi,”tambah bupati.

Usai acara pembukaan secara resmi oleh bupati dan ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril S.Sos dilanjutkan dengan pemberian makanan berbahan baku ikan kepada sejumlah pelajar Sekolah Dasar (SD), peninjauan kegiatan memasak ikan oleh buapti dan istri dan rombongan, serta ditutup dengan makan ikan bersama bupati dan masyarakat.(ur)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER