Kanal

DPRD Riau Akhirnya Sahkan Perda Pengembangan Tujuan Wisata

 
PEKANBARU - riautribune : DPRD Riau mengesahkan rancangan peraturan daerah tentang pengembangan dan tujuan pariwisata menjadi Perda dalam sidang paripurna di Pekanbaru, Kamis(24/11).

"Anggota dewan yang hadir setelah ditanyakan menyetujui ranperda menjadi perda. Dewan berharap perda akan berlaku efektif secepatnya sehingga apa yang menjadi tujuan akan terealisasi dengan baik," kata Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo.

Dia melanjutkan bahwa dengan kehadiran perda itu, diharapkan akan mendorong perwujudan visi misi pembangunan Provinsi Riau yang maju dan jaya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Riau, Ahmad Hijazi dalam pendapat akhir kepala daerah mengatakan, dengan adanya Perda Pengembangan dan Tujuan Pariwisata, Riau akan memiliki landasan yuridis dan jaminan kepastian hukum. Sehingga pemerintah bisa melakukan pengembangan yang lebih sistematis dan memiliki dampak positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat Riau.

Hal ini, sebutnya menggambarkan bahwa Pemprov Riau dan DPRD komit untuk menjadikan pariwisata sebagai salah satu program prioritas di tahun mendatang. Sehingga instansi terkait tidak saja dinas pariwisata tapi juga satuan kerja lain bisa memberikan dukungan.

"Seperti meningkatkan kinerja pelayanan pariwisata di berbagai program strategis tentang pengembangan iven dan tujuan wisata," jelasnya.

Iven wisata di Riau masing-masing kabupaten/kota ada kalendernya. Pemprov Riau dalam ini tidak semata-mata buat iven sendiri, tapi mendorong memperkaya, memfasilitasi, dan meningkatkan kapasitas iven yang ada di daerah.

"Mana yang betul-betul menonjol iven di tingkat daerah akan kita dorong untuk jadi iven provinsi dan nasional," tambahnya.

Bahkan, lanjut dia, beberapa waktu yang lalu sudah ada nota kesepakatan antara kepala daerah masing-masing kabupaten/kota untuk saling mendukung terhadap iven masing-masing. Hal itu salah satu cara kinerja yang bersinergi karena jika bicara pariwisata, disamping promosi juga diperlukan keterlibatan semua pihak bisa menjadikan iven, objek, dan kunjungan meningkat.(antr)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER