Kanal

Indonesia Bantai Filipina 13-1

FHILIPINA - INDONESIA wajib menang saat bertemu tuan rumah Filipina di matchday kedua Grup A Piala AFF 2016, Selasa 22 November 2016 malam WIB. Kemenangan akan menjaga asa lolos ke semifinal, sementara kekalahan menutup kans Andik Vermansyah serta kolega melaju ke fase knockout.

Terkait laga melawan Filipina, Indonesia memiliki catatan manis, tepatnya di Piala AFF (dulu bernama Piala Tiger) 2002. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, tepatnya di matchday keempat Grup A, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan menghancurkan Filipina dengan skor 13-1!

Bepe –sapaan akrab Bambang– yang di akhir turnamen keluar sebagai top skor sukses mencetak empat gol di laga tersebut. Namun, tidak hanya Bepe yang mencetak quatrick (sebutan untuk pemain yang mengemas empat gol). Zaenal Arif yang saat itu membela Persita Tangerang juga mencetak empat gol.

Bejo Sugiantoro yang berposisi sebagai pemain belakang mengemas dua gol, sementara tiga sisanya dicetak Budi Sudarsono, Imran Nahumarury dan bunuh diri pemain Filipina, Solomon Licuanan.

Setidaknya kemenangan tersebut dapat menaikkan mental skuad Indonesia saat ini, meski kekuatan Filipina sekarang berbeda dengan 14 tahun lalu. Kembali ke hasil Indonesia-Filipina pada 2002, skor 13-1 merupakan yang terbesar dalam sejarah penyelenggaraan Piala AFF. Skor terbesar kedua terjadi di Piala AFF 2007. Saat itu Singapura mengalahkan Laos 11-0.(Okz)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER