Kanal

Bupati Siak Ingin Program Kemiskinan Tepat Sasaran

SIAK SRI INDRAPURA - riautribune : Lima tahun menjabat Bupati Siak, ternyata H Syamsuar masih menerima komplain dari masyarakat terkait data kemiskinan, sehingga program yang diluncurkan pemerintah daerah tidak tepat sasaran.

"Masih sering kita dengar komplain dari warga, karena data warga miskin tak valid, dampaknya program pemberantasan kemiskinan yang kita laksanakan selama ini dinilai tak tepat sasaran," kata Syamsuar, saat memimpin rapat pembahasan bantuan keuangan Riau tahun 2017 dan pendataan klarifikasi data penduduk miskin, sekaligus membicarakan persiapan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) di Balai Zamrud Komplek Adi Praja Kediaman Bupati Siak, Senin (7/11/2016) malam.

Syamsuar meminta penanganan kemiskinan perlu dimulai dengan data awal yang benar, jika data keliru maka penangulangan kemiskinan tidak akan selesai.

"Akurasi dan validitasi data merupakan syarat mutlak tolak ukur untuk menunjang penanganan kemiskinan yang komprehensif guna mewujudkan percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Siak," tegasnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Siak Jasril menanggapi positif arahan Bupati Siak itu. Dia menjelaskan data statistik terus mengalami pergerakan. Untuk itu upaya mengupdate data per 6 bulan merupakan solusi yang bagus," ujarnya.

Di samping itu, terkait persiapan HAKI, Syamsuar meminta rembukan dari semua pihak agar pelaksanaan kegiatan ini berjalan sukses.

"Nantinya dalam perayaan tersebut kita buat kegiatan yang berkaitan dengan budaya Melayu, berkaitan dengan korupsi, seperti pantun baik pun syair yang berisi tentang anti korupsi dan menyangkut hati nurani," tutupnya.

Hadir dalam rapat tersebut Wakil Bupati Siak Alfedri, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak T Hamzah, Asisten I, II, dan III Setdakab Siak, Kepala Dinas, Kepala Badan, Camat dan pejabat terkait lainnya.(grc)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER