Kanal

Prof Amzulian Rifai : Membangun Kembali Kepercayaan Publik

PEKANBARU - riautribune : Hari ini yang menjadi problematika di negeri kita, adalah bagaimana membangun kembali kepercayaan publik. Demikian diungkapkan oleh Prof Amzulian Rifai ketua Ombusman RI ketika memberikan kuliah umum di Fakultas hukum UR baru-baru ini.

   Dikatakannya, yang menjadi problem utama lembaga negara adalah trust (kepercayaan) dimana publik sudah tidak percaya dengan kinerja lembaga negara, misalkan dalam pelayanan publik yang lambat, masih terjadinya diskriminasi, bahkan masih ada dijumpai pungli. Kepercayaan publik inilah yanh kian menurun, dan menjadi kendala bagi birokrasi kita dalam menjalankan tugasnya. Bahkan fenomena ini kian diperparah dengan meningkatnya kasus korupsi, yang kian mengkaburkan kewibawaan lembaga negara, pelakunya individu namun penurunan kepercayaan justru dihadapi oleh lembaga.

  "Masalah pungli, sudah dibentuk satgas pungli yang di atur dalan peraturan presiden nomer 87 tahun 2016, tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar, yang fungsinya sebagai inteligen, pencegahan,penindakkan, dan yustisi,"Ucap. Prof amzulian yang juga diketehaui asal sumsel.

  Kehadiran Pro Amzulian yang juga ketua ombusman RI ini adalah bagian dari kegiatan kuliah umum yang digelar oleh program Magister (S2) ilmu hukum fakultas hukum Universitas Riau.

  "Program ini adalah bagian dari upaya kami untuk terus meningkatkan wawasan keilmuan, dan menghadirkan nara sumber berkaliber nasional, diharapkan ada diskusi ilmiah dengan info-info yang update, sehingga mahasiswa kami bisa terus mengembangkan akademik dan potensi diri dalam pengembangan ilmu hukum,"Ucap Dody Haryono,SH,MH.

  Acara yang di pandu oleh ketua prodi hukum pidana Erdiansyah,SH,MH ini berlangsung interaktif tidak hanya dihadiri oleh kalangan mahasiswa S1,dan juga S2 juga turut hadir sejumlah pejabat dilingkungan UR, terutama Rektor Prof Aras Mulyadi, juga hadir ketua perwakilan Ombusman RI.

   Lebih lanjut Prof Amzulian Rifai,SH,LLM,Phd sebagai sebuah lembaga yang diamanahkan memantau pelaksanaan pelayanan publik di negara ini, Ombusman berharap ada ruang informasi yang interaktif antara publik dengan tim nya. "Jika memang ada pelanggaran pelayanan segera laporkan kepada kami. Ombusman pun ada di Riau, jadi tidak ada lagi yang namanya kendala keterlambatan dalam pelayanan,"ucap Prof Amzurlian. (Rls)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER