Kanal

Peran PKK dalam Peningkatan Kesejahteraan Rumah Tangga

TIM Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) saat ini terus memaksimalkan peran keluarga di dalam meningkatkan kesejahteraan rumah tangga. Bahkan, saat ini TP PKK Provinsi Riau yang diketuai Sisilita Arsyadjuliandi Rachman membuat program-program yang menjadi gebrakan untuk memaksimalkan peran keluarga.

Adapun kegiatan yang ditawarakan dalam gebrakan tersebut yakni 10 Program Pokok TP-PKK pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, diantaranya kader PKK musti benar-benar dapat diandalkan sebagai pioner sekaligus menjadi panutan dalam masyarakat. kegiatan yang dimulai dari keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat, apabila keluarga sehat, mandiri dan kuat, maka akan kuat dan mandiri pulalah masyarakat. "Keluarga yang sehat dan mandiri akan mewujudkan ketahanan keluarga," jelas Sisilita.

Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, Ketua TP-PKK menggagas kegiatan Penciptaan Menu Baru untuk makanan dalam rumah tangga. Kemudian hasil temuan menu tersebut dilombakan oleh TP-PKK Riau yang diikuti oleh kelompok kerja (pokja) TP-PKK Kabupaten/Kota se – Riau,kemudian disosialisasikan ke ibu-ibu rumah tangga melalui pameran atau pertunjukan kegiatan TP-PKK.

Geliat Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Riau terus berjalan tanpa henti. Dalam melaksanakan program yang diusungnya, TP PKK Provinsi Riau, terus meningkatkan kebersamaan untuk mewujudkan kader yang cerdas dan terampil. Sebagaimana diketahui, TP-PKK merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Keberadaan TP-PKK dibawah kepemimpinan Hj Sisilita Arsyadjuliandi,  bersama kaum wanita Riau yang tergabung dalam perkumpulan TP-PKK Riau terus mendorong pelaksanaan 10 Program Pokok TP-PKK, yang pada intinya merupakan kebutuhan dasar manusia, diantaranya. Peningkatan kesejahteraan keluarga. Disini, Ketua TP-PKK menggagas kegiatan Penciptaan Menu Baru untuk makanan dalam rumah tangga yang selanjutnya disosialisasikan ke ibu-ibu rumah tangga melalui pameran atau pertunjukan kegiatan TP-PKK.

Untuk mencapai program pokok kegiatan PKK tersebut, Ketua TP-PKK Riau berharap semua kader PKK harus kompak menjalin kerjasama, dan menjadi andalan sekaligus panutan dalam masyarakat. Tentunya, kata Ketua TP-PKK Provinsi Riau Hj Sisilita Arsyadjuliandi bagi kader PKK yang telah berkiprah dan aktif melaksanakan tugasnya di tengah masyarakat, hendaknya diberikan dukungan dan penghargaan.

Sehingga ke depan lebih bersemangat untuk menjalankan program-program PKK dan bertanggung jawab membangun keluarga dan masyarakat.  Dengan demikian program pemerintah bisa tepat sasaran menuju keluarga kecil dan sejahtera dalam membangun Indonesia yang lebih baik di masa datang. Salah satu program tahunan yang diusung TP PKK untuk memotivasi dan meningkatkan kebersamaan dalam rangka mendukung program pemerintah adalah Jambore PPK.

Kegiatan ini yang dilaksanakan setiap tahun ini, sekaligus guna peningkatan kesejahteraan ibu dan anak. Dari keluarga yang sejahtera ini, maka akan tertata kehidupan berbangsa dan bernegara serta dapat melahirkan ketenteraman, keamanan, dan keharmonisan, serta kedamaian. Hj Sisilita Arsyadjuliandi mengakui kegiatan jambore yang merupakan agenda tahunan dimulai dari kabupaten kota dan sampai tingkat nasional ini, bukan hanya sekadar seremonial belaka, akan tetapi bisa diterapkan di tengah keluarga. Dan diharapkan bukan sekadar rutinitas tahunan belaka, tapi jadi sarana dalam bertukar informasi dan pengalaman.

Menjadi Mitra Pemerintah
Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman yang akrab disapa Andi Rachman mengakui keberadaan TP PKK akan bisa membantu pemerintah dalam melaksanakan program-program. “Dinas dan badan akan rugi jika tidak menggandeng PKK,” kata Andi Rachman saat menghadiri sebuah kegiatan PKK Tingkat Provinsi Riau, di Gedung Dharma Wanita, Pekanbaru, belum lama ini.

Menurutnya, PKK terbukti telah banyak membantu Pemerintah dalam pelaksanaan program pembangunan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang mereka kemas. Seperti halnya program-program yang diluncurkan oleh TP PKK Provinsi Riau, mulai dari bakti sosial (Baksos) operasi bibir sumbing, operasi gratis katarak, baksos untuk korban bencana, dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM).

Gubri juga mengharapkan Tim Penggerak PKK PKK Provinsi Riau dapat membantu pembangunan Riau yang saat ini sedang giat-giatnya melakukan pembangunan dengan visi misi sebagai pusat kebudayaan Melayu dengan melibatkan semua pihak yang ada. “Tim PKK Provinsi Riau diharapkan juga bisa membantu program pembangunan Riau ini,” kata Andi Rachman.

Kata Gubri, Provinsi Riau juga mengembangkan pariwisata yang berbasis budaya yang dikembangkan di kabupaten/kota di Provinsi Riau. Diharapkan pengembangan wisata ini mendatangkan keuntungan bagi masyarakat. Kedepannya, Gubri berharap para kader PKK Kabupaten Kota juga mampu menjadi salah satu mitra pemerintah daerah yang aktif untuk melangsungkan pembangunan lebih baik kedepan,  khususnya pada bidang kesejahteraan masyarakat.(adv/humas)


 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER