Kanal

Pemkab Inhil Benahi Area Wisata

TEMBILAHAN - riautribune : Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau terus melakukan pembenahan objek wisata agar kelihatan bersih, rapih serta menarik dalam menggaet wisatawan berkunjung ke daerah itu.

"Fasilitas dasar yang ada di kawasan objek wisata di Inhil akan terus kita benahi sehingga menjadi magnet untuk menjaring wisatawan ke sini," kata Kepala Disporabudpar Junaidi Ismail di Tembilahan, Kamis.

Ia mengatakan prasarana yang terus dibenahi merupakan fasilitas dasar di kawasan objek wisata di antaranya WC, tempat ganti, papan informasi, taman dan tempat istirahat.

Selain melakukan pembenahan terhadap prasarana, Disporabudpar juga akan mempersiapkan item pendukung lainnya guna meningkatkan kunjungan wisatawan pada objek wisata yang ada di daerah itu.

"Seperti yang kita lihat di tempat-tempat wisata daerah lain banyak terdapat hal-hal yang mendukung, seperti tersedianya tempat bersantai yang asri serta terawat," ucapnya.

Hal ini Dikatakannya selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, juga dilakukan agar objek wisata di daerah itu juga bisa dinikmati warga setempat.

"Dalam dunia pariwisata jika suatu objek atau produk pariwisata dikembangkan atau dikelola dengan baik maka dapat menguntungkan masyarakat," ujarnya.

Untuk itu, ke depannya pihaknya akan fokus untuk terus membangun dan mengembangkan objek wisata di daerah itu.

Sekretaris Kabupaten Indragiri Hilir, Said Syarifudin menyatakan objek wisata Pantai Solop di Desa Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir menjadi andalan pariwisata kabupaten Hamparan kelapa terluas di dunia tersebut.

Akan tetapi promosi agar wisatawan lebih ramai berkunjung ke tempat ini dinilai masih kurang.

"Diharapkan, Pantai Solop makin dikenal dan menjadi daya tarik wisatawan ke Inhil. Untuk itu, Dinas Disporabudpar terus mempromosikannya, juga membuka jalur wisata bagi memudahkan mereka yang ingin berkunjung ke sini," ujarnya.

Jika promosi digencarkan maka akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah ini. Namun tentu tidak hanya promosi saja yang dilakukan, menjalin kerjasama dengan pihak swasta seperti agen perjalanan juga sangat perlu.

"Diperlukan peran pihak swasta yang bergerak dalam bidang travel wisata yang akan menjual tiket perjalanan ke kawasan ini. Sedangkan Pemkab Inhil dapat terus meningkatkan fasilitas dan infrastruktur penunjang lainnya bagi perkembangan kawasan wisata ini," katanya.(antr)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER