Kanal

Bupati Inhil Buka Resmi Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis

TEMBILAHAN - riautribune : Bupati HM Wardan membuka secara resmi Operasi Katarak dan Bibir Sumbing di RSUD Puri Husada Tembilahan, Rabu (26/10).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional dan HUT TNI ke 71 Tahun 2016 ini bekerjasama dengan PT BCA Tbk, Dinkes, RSUD Puri Husada Tembilahan, kodim 0314/Inhil, BPJS Kesehatan, Perdami, Smile Train, IDI, KKKS Inhil dan PWI Kabupaten Inhil.

Bupati Indragiri Hilir HM.Wardan menyatakan bahwa kegiatan operasi katarak ini guna mewujudkan Indonesia Bebas Katarak tahun 2020 mendatang.

Pemkab Inhil menargetkan bahwa pada tahun 2019 mendatang di Inhil akan bebas katarak.

"Antusias masyarakat sangat luar biasa dalam mengikuti kegiatan ini. Dari data 200 direncanakan sudah berlebih menjadi 250 orang. Dan sampai saat ini masih banyak masyarakat yang mendaftar," sebut Wardan.

Dengan banyaknya masyarakat yang ingin mengikuti operasi Katarak secara gratis, ia mengharapkan kegiatan seperti ini dilaksanakan dua kali dalam satu tahun serta dimintanya kepada Forkopimcam untuk melakukan pendataan penderita Katarak.

"Persiapan untuk kedepan, camat, lurah dan kepala desa untuk melakukan pendataan masyarakat penderita Katarak. Kalau bisa kita targetkan 2019 inhil bebas buta Katarak," tukasnya.

Sementara itu direktur RSUD PH, Dr. Irianto mengatakan kepada awak media "bahwa target awal operasi Katarak sebanyak 200 orang dan 50 orang lagi secara reguler,".

"Selain operasi katarak, ada juga operasi bibir sumbing dan juga penyerahan 9 unit alat dengar.(adv)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER