Kanal

Tingkatkan Inklusi dan Literasi Keuangan

MENTAWAI - riautribune : Kementrian BUMN bersama seluruh BUMN di Indonesia kembali melaksanakan Program “BUMN HADIR UNTUK NEGERI” di tahun 2016 dalam rangka HUT Ke-71 Republik Indonesia (RI), yang kali ini dilaksanakan dalam bentuk BUMN Mengajar.

 Program ini dilaksanakan sebagai wujud nyata kepedulian BUMN untuk berperan serta dalam membangun negeri, sekaligus sebagai komitmen untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat di pelosok negeri.

Program BUMN Mengajar yang dikoordinir BNI kali ini dilaksanakan di SMAN 2 Sipora Mentawai, Sumatera Barat pada hari Kamis (20 Oktober 2016) dan sehari setelahnya pada hari Jumat (21 Oktober 2016) dilakukan peresmian Kantor Cabang BNI di Mentawai. Demikian diungkapkan Head of Network & Services BNI Dadang Surachman.

Pulau Mentawai merupakan salah satu pulau terluar di Sumatera Barat dengan potensi Pariwisata yang tinggi dan belum tergarap dengan optimal. Pembukaan Kantor Cabang BNI di mentawai diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Mentawai dan memberikan akses terhadap jasa dan layanan Perbankan bagi masyarakat.

Dan pemilihan lokasi BUMN Mengajar di SMAN 2 Sipora Mentawai adalah momen yang tepat yang menandai awal peran BNI di Mentawai.Program BUMN Mengajar BNI ini merupakan bagian dari rangkaian BUMN Hadir Untuk Negeri yang juga melaksanakan beberapa program lainnya yaitu Siswa Mengenal Nusantara, Bedah Rumah Veteran, Penyediaan Sarana Air Bersih, Penyediaan Sarana MCK, Pembinaan Desa, Pembinaan Mantan Atlet, dan Jalan Sehat 5 Kilometer, yang di Wilayah Padang di pusatkan pelaksanaanya di Kepulauan Riau.

Head of Network & Services BNI Dadang Surachman mengungkapkan, BNI sebagai salah satu BUMN, telah melaksanakan beberapa program tersebut di Provinsi Kepulauan Riau. SMAN 2 Sipora Mentawai adalah salah satu lokasi pelaksanaan program BUMN Mengajar yang dilaksanakan selama bulan Oktober 2016 di 17 Kantor Wilayah BNI di seluruh Indonesia yang meliputi Wilayah Medan, Padang, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, Manado Denpasar, Jakarta Senayan, Jakarta Kota, Jakarta Kemayoran, Manado, Yogyakarta, Malang dan Papua.

“BUMN Mengajar merupakan salah satu bentuk pengenalan dan pemahaman terhadap BUMN, khususnya perbankan baik produk, fitur, jenis layanan maupun profesi yang ada di perbankan. Selain itu juga dilakukan pemberian motivasi kepada siswa-siswi SMA/SMK yang ingin berkarir di dunia perbankan,” tutur Dadang.

Pelaksanaan Program BUMN MENGAJAR selama bulan Oktober 2016 juga dikaitkan dengan Program Inklusi Keuangan Untuk Semua, yaitu Program yang diinisasi oleh Presiden sebagai bentuk implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 tahun 2016 mengenai Strategi Nasional Keuangan Inklusif.

Hal itu sejalan dengan bulan Oktober yang dikenal dengan Bulan Keuangan. Melalui Perpres tersebut, Pemerintah mentargetkan peningkatan indeks Keuangan inklusif menjadi 75% pada tahun 2019 dari sebelumnya 25% pada tahun 2014.

Acara kegiatan BUMN MENGAJAR BNI di SMAN 2 Sipora, Mentawai dihadiri kurang lebih 150 siswa. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terutama kalangan muda untuk melakukan aktivitas keuangan melalui Bank. Atau dengan kata lain penyebar luasan informasi dan pemahaman akan Bank kepada kalangan masyarakat terutama kawula muda yang merupakan generasi penerus bangsa.

Bantuan Sekolah

Pada kesempatan ini pula, BNI Kantor Wilayah Padang menyalurkan bantuan kepada sekolah SMAN 2 Mentawai berupa 4 perangkat komputer dan renovasi sarana prasarana sekolah. Program CSR BNI merupakan bentuk tanggung jawab BNI terhadap dunia pendidikan yang merupakan tulang punggung pembentuk generasi penerus bangsa.

Perlu diketahui bahwa sepanjang keberadaanya, BNI Kantor Wilayah Padang telah menyalurkan dana CSR di seluruh daerah supervisinya di Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau yang meliputi bidang kesehatan, pelestarian alam, pendidikan, pengentasan kemiskinan, sarana dan prasarana umum serta sarana ibadah.

Penyerahan Simpanan Pelajar (SIMPEL)
Sejak diluncurkannya produk Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel/ SimPel IB) bersama 13 bank, BNI dan BNI Syariah (perusahaan anak) terus meningkatkan sosialisasi dan aktivasinya di kalangan pelajar. Hal yang sama dilakukan juga di Mentawai. Semua tingkat pendidikan mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga tingkat menengah (SMA/SMK/MA) menjadi target upaya meningkatkan literasi keuangan di kalangan pelajar ini.

Oleh karena itu, Bersamaan dengan acara BUMN Mengajar di SMAN 2 Sipora Mentawai dilaksanakan penyerahan secara simbolis Buku Tabungan SimPel kepada Pelajar di SMA N 2 Sipora Mentawai yang dilakukan langsung oleh Head of Network & Services BNI Wilayah Padang Bapak Dadang Surachman kepada perwakilan siswa di SMA N 2 Sipora Mentawai.

“Untuk mengakselerasi penyebaran SimPel berbagai upaya kami lakukan, antara lain melakukan sosialisasi pemasaran langsung ke sekolah-sekolah karena persyaratan pembukaan tabungan ini melalui PKS dengan sekolah,” jelas Dadang Surachman.

 “BNI merupakan salah satu Bank yang diberi kepercayaan oleh Pemerintah untuk menerima dan menyalurkan dana bantuan bagi pelajar-pelajar dalam Program Indonesia Pintar yang dicanangkan oleh Pemerintah” tambah Bapak dadang Surachman.

Acara pelaksanaan BUMN Mengajar di SMA N 2 Sipora Mentawai ditutup dengan pengambilan photo bersama segenap Siswa Sekolah SMA N 2 Sipora Mentawai yang antusias mengikuti agenda kegiatan tersebut.(rls)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER