Kanal

Sempat Tertinggal, Prancis Tundukkan Bulgaria 4-1

PARIS - Timnas Prancis mengakhiri pertandingan kontra Bulgaria di laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa, Sabtu (8/10/2016) dini hari WIB, dengan kemenangan. Pada laga yang berlangsung di Stade de France tersebut, Les Bleus -julukan Prancis- menang dengan skor 4-1.

Prancis sejatinya sempat tertinggal lebih dulu di menit-menit awal babak pertama. Namun, dengan luar biasa pasukan Didier Deschamps bangkit dan membalikkan keadaan hingga akhirnya meraih kemenangan dengan skor cukup telak.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Begitu pertandingan dibuka, Prancis langsung melancarkan serangan ke lini pertahanan tamunya Bulgaria. Sayang, ancaman yang hasil kerja sama Varane dan Sissoko di menit ketiga belum mampu menghasilkan apa-apa.

Penalti! Keasikan menyerang justru membuat Prancis lupa dengan daerah pertahanannya sendiri. Bulgaria melakukan serangan balik cepat yang membuat Sagna terpaksa menjatuhkan G. Milanov di kotak terlarang pada menit kelima.

M. Aleksandrov ditunjuk sebagai algojo penalti. Dengan tenang, Aleksandrov mampu menaklukkan kiper Hugo Lloris dan membuat Bulgaria unggul sementara atas tuan rumah Prancis dengan skor 1-0.

Ketertinggalan membuat Prancis makin giat melancarkan serangan. Pertandingan pun terlihat didominasi oleh tuan rumah. Akan tetapi hingga memasuki menit ke-20, Les Bleus belum juga mampu menyamakan kedudukan.

Gol! Gol Prancis akhirnya hadir di menit ke-23 melalui Gameiro. Gol bermula berkat pergerakan Sagna yang memberi umpan silang dari sisi kanan penyerangan Prancis. Tandukan Gameiro pun mengubah skor menjadi 1-1.

Tidak butuh waktu lama bagi Prancis membalikkan kedudukan. Pasukan Didier Deschamps mampu mencetak gol kedua tiga menit setelah gol pertamanya. Adalah Payet yang kini mencatatkan namanya di papan skor. Gol Payet terjadi usai menerima umpan dari Sissoko. Prancis unggul 2-1 atas Bulgaria.

Unggul membuat Prancis makin bersemangat melancarkan serangan. Sementara Bulgaria lebih banyak menunggu dan berharap adanya momen serta kesempatan untuk mereka melancarkan serangan balik cepat.

Gol! Prancis mampu mencetak gol ketiga mereka ke gawang Bulgaria berkat aksi Griezmann. Gol bermula dari kesalahan Pirgov. Pirgov berniat melakukan clearance yang justru malah mengarahkan bola ke kaki Griezmann. Berdiri tanpa kawalan di luar kotak penalti Bulgaria, Griezmann pun dengan mudah menjebol gawang lawan dengan sepakan kaki kirinya. Prancis unggul 3-1 atas Bulgaria.

Bulgaria mencoba mengejar ketertinggalan. Namun, hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama berbunyi, belum ada lagi gol yang tercipta. Babak pertama pun berakhir 3-1 untuk keunggulan Prancis.

Babak Kedua

Prancis membuka jalannya babak kedua. Ancaman sudah langsung diberikan mereka di menit 49 melalui Koscielny. Sayang, upaya bek tengah Arsenal itu masih belum mampu menambah gol Spanyol.

Dua menit berselang, Pogba nyaris ikut mencatatkan namanya di papan skor. Mendapatkan operan dari Payet, gelandang Manchester United itu melakukan tembakan ke gawang Bulgaria. Namun, sepakannya mampu dihalang oleh bek lawan.

Pogba kembali memberikan ancaman, kali ini di menit 58. Ancaman tersebut diberikan mantan pemain Juve itu usai menerima umpan silang dari Kurzawa. Meski demikian, bola masih belum menemui sasaran.

Gol! Gameiro kembali mencatatkan namanya di papan skor. Gol kedua Gameiro lahir di menit 59. Gol bermula dari kerja sama para pemain Les Bleus di sisi kiri penyerangan. Griezmann pun membawa bola ke dalam kotak penalti yang kemudian diberikan kepada Gameiro untuk dikonversi menjadi gol. Prancis unggul 4-1 dari Bulgaria.

Keunggulan tiga gol membuat Prancis makin dominan. Griezmann dan kawan-kawan sama sekali tak mencoba mengendurkan serangan mereka. Sementara Bulgaria terlihat kesulitan mengimbangi permainan tuan rumah.

Memasuki menit ke-70, Bulgaria mulai memberikan serangan ke wilayah pertahanan Prancis. Dua menit kemudian, mereka mampu mendapatkan sepak pojok dari sisi kiri. Sayang, usaha tersebut masih belum membuahkan gol.

Matuidi! Prancis nyaris kembali menambah golnya di menit 77 melalui aksi Matuidi. Gelandang Paris Saint-Germain (PSG) tersebut melakukan pergerakan solo yang diakhiri dengan sepakan ke gawang Bulgaria. Namun, upayanya masih membentur tiang gawang.

Memasuki lima menit berakhirnya laga, tempo permainan Prancis mulai melambat. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada lagi gol yang tercipta. Laga pun selesai dengan skor 4-1 untuk kemenangan tuan rumah Prancis.(okz)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER