Kanal

E-PBB BNI Permudah Masyarakat Pekanbaru Membayar PBB

PEKANBARU - riautribune : PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Sumbar-Riau-Kepri dalam rangka mendukung terciptanya Pekanbaru sebagai kota “Smart City” bersama Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan launching pembayaran PBB melalui e-Channel BNI.

Smart City kini mulai diterapkan diberbagai kota besar di Indonesia. Konsep ini diyakini dapat menyelesaikan berbagai  permasalahan perkotaan dan menjadikan masyarakat yang tinggal di kota tersebut menjadi masyarakat cerdas dengan kehidupan berkualitas yang didukungTekhnologi informasi yang handal yang membuat hidup lebih mudah dan nyaman.

Konsep kota smart city yang menggabungkan aspek smart living, smart governance, smart people, smart environment, smart mobility dan smart economi adalah cermin tatanan kota yang ideal yang meningkatkan keseimbangan secara berkelanjutan.

Sebagai wujud komitmen BNI dalam mendukung pengelolaan keuangan PEMKO Pekanbaru menuju terciptanya Kota Smart City yang Madani, dan menindaklanjuti penandatanganan MOU pendahuluan antara BNI dan PEMKO Pekanbaru di Ruang Serba Guna BNI WPD Pekanbaru pada hari Jumat, tanggal 17 Juni 2016 lalu, hari Selasa 04 Oktober2016 berlokasi di Kantor Camat Payung Sekaki Jl. Fajar Ujung No. 56 Pekanbaru, dilakukan peluncuran layanan fasilitas penerimaan aktifitas pajak daerah e-PBB di Kota Pekanbaru. Pembayaran e-PBB kini dapat dilaksanakan melalui e-channel Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BNI dan segera dapat dilaksanakan melalui e-channel lainnya seperti Mobile banking, SMS Banking dan Internet Banking.

Launching pembayaran e-PBB tersebut dihadiri langsung oleh Bapak DR H Firdaus ST MT selaku walikota Pekanbaru dan Bapak Ronny Venir selaku Pemimpin BNI Kantor Wilayah Sumbar-Riau-Kepri.Acara juga dihadiri oleh Kepala BPKAD Pekanbaru Bapak Alek Kurniawan Msi, Kadis penda Kota Pekanbaru DrsH Azharisman Rozie MSi, dan didampingi jajaran pejabat Pemko lainnya.Dari pihak BNI hadir pula jajaran wakil pemimpin Wilayah Sumbar-Riau-Kepri Bapak Edy Suradi & Bapak Firmansyah, Pemimpin Cabang Pekanbaru Bapak Djasril beserta jajaran staff BNI lainnya.

Dalam acara tersebut Pemimpin BNI Wilayah Sumbar-Riau-Kepri Bapak Ronny Venir menyatakan bahwa BNI sebagai salah satu bank besar yang lahir dari tetes keringat perjuangan bangsa Indonesia selalu berkomitmen untuk memberikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa dan layanan perbankan di berbagai bidang termasuk kerjasama perbankan dengan instansi pemerintahan dan mendukung terciptanya konsep Smart City dengan berbagai produk dan jasa yang dimiliki.

Walikota Pekanbaru Bapak Firdaus menyambut antusias launching pembayaran e-PBB antara BNI dan Pemkot Pekanbaru. Disela-sela pidatonya Bapak Firdaus menyatakan bahwa untuk mencapai impian Kota Pekanbaru sebagai smart city maka harus memenuhi beberapa criteria terlebih dahulu yaitu smart government, smart people, smart economy, smart environment, smart living dan terakhir smart mobility.

Melalui smart government maka seluruh jajaran pemerintahan mulai dari presiden RIsd kepala RT harus menjadi bagian terdepan dan tercepat dalam melayani masyarakat. Smart government inilah yang akan mendorong tercapainya ke-5 smart lainnya sehingga impian kita bersama menjadi smart city yang madani bisa tercapai.

“Dalam rangka menjadi smart city tsb, Pemko juga akan mendorong realisasi agen BNI 46 di 700 RW sebagai bagian layanan pemerintah agar bias memberikan pelayanan yang lebih dekat kepada masyarakat.” Ujar Bapak Firdaus di akhir sambutannya.

Selain melalui ATM BNI, pembayaran e-PBB juga akan segara dapat dilaksanakan melalui e-channel lain di ATM BNI seperti Mobile banking, SMS Banking dan Internet Banking. Dalam mendukung pengelolaan keuangan Pemda secara total, BNI juga akan mengembangkan teknologi pembayaran bagi11 PAD Pemerintah Kota Pekanbaru lainnya seperti pajak hotel, pajak restoran, pajak reklame, pajak hiburan, pajak penerangan jalan umum, pajak galian C, pajak parkir, pajak air bawah tanah, pajak sarang burung walet, BPHTB, serta penerimaan retribusi.

Dan  untuk menjangkau masyarakat hingga kepelosok termasuk memberikan kemudahan pelaksanaan pembayaran pajak yang jauh dari akses perbankan, seperti disebutkan oleh Walikota, BNI akan memberdayakan Agen BNI 46 yang akan dibuka di 700 RW se-Kota Pekanbaru yang berfungsi sebagai kepanjangan tangan BNI dalam melakukan transaksi Perbankan.

Saat ini total agen BNI 46 seluruh Indonesia mencapai 20.000 agen yang tersebar diberbagai pelosok Indonesia. Khusus diwilayah Sumbar-Riau-Kepri sendiri sudah tersebar 1.174 agen yang juga tersebar diPekanbaru.

Melalui kerjasama agen BNI 46 di 700 RW ini disamping membantu perekonomian masyarakat dengan membuka lapangan usaha sebagai Agen, BNI juga diharapkan semakin dekat dengan masyarakat sebagai bentuk layanan KeuanganTanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif sehingga untuk melakukan transaksi perbankan seperti pembukaan rekening Tabungan Pandai, penyetoran, pengambilan uang dan layanan keuangan digital lainnya, masyarakat cukup dating ke Agen BNI46 tanpa harus ke Kantor Cabang BNI.(rls)



 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER