Kanal

Bupati Inhil Tandatangani MoU Nusantara Sehat

TEMBILAHAN - riautribune : Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menghadiri pertemuan koordinasi dan penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) tentang Program Nusantara Sehat, Senin (26/9/2016),di Mercure Convention Centre Ancol, Jalan Pantai Ancol Jakarta Baycity, Jakarta Utara.

Ikut menemani Bupati, Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Zainal Arifin, Kabid Pelayanan Kesehatan, Asiah, Kasubag Humas dan Kasubag Protokol Setdakab Inhil.

Dalam kesempatan itu, Inhil mendapatkan bantuan 8 tenaga kesehatan berbasis tim (Team Based) dari Kementerian Kesehatan yang akan dikirim ke Inhil pada bulan Oktober mendatang.

Menkes RI, Nila Farid Moeloek dalam sambutannya menjelaskan, penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh 41 Kepala Daerah ini, bertujuan untuk mendukung penugasan khusus tenaga kesehatan Berbasis Tim (Team Based) dalam pelaksanaan Program Nusantara Sehat.

"Melalui program tersebut diharapkan Kementerian Kesehatan bersama Pemerintah Daerah mampu meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas secara terintegrasi, terpadu dan komprehensif di DTPK dan DBK sebagai wujud tanggung jawab Negara hadir di tengah-tengah masyarakat," ujar Menteri Kesehatan.

Tim Nusantara Sehat merupakan tenaga profesional kesehatan, dengan berbagai latar belakang kesehatan, seperti dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli Teknologi Laboratorium Medik, Tenaga Gizi dan Kefarmasian, yang bersedia ditempatkan dimanapun selama 2 tahun, untuk terjun langsung memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan memiliki semangat untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Adapun lokasi penugasan tenaga kesehatan Nusantara Sehat adalah Puskesmas, dengan kriteria sangat terpencil dan terpencil di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK).

Sementara itu, Bupati HM Wardan saat diwawancara mengucapkan terima kasih dan sangat bangga, karena Kabupaten Inhil mendapatkan bantuan 8 tenaga kesehatan.

"Pada tahun ini, dapat lagi 1 UPT Pukesmas Batang Tumu, Kecamatan Mandah. Ada 8 orang, diantaranya Dokter Umum, Perawat, Bidan, Tenaga Kesehatan Masyarakat, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Analisis Laboratorium, tenaga gizi dan tenaga kefarmasian," kata Bupati Wardan.

"Kita sudah mendatangani MoU tadi, dimana kita diminta untuk memberikan dukungan untuk  penempatan mereka,seperti penyediaan tempat tinggal dan akomodasi,"sebut Bupati.

Bupati juga menjelaskan bahwa dirinya sudah meminta kepada Dinas Kesehatan untuk mempersiapkan itu sekaligus penganggarannya.
    
"Harapan saya kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa, mari bersinergi dan saling memberi dukungan bersama Tim Nusantara Sehat, dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Inhil," imbuhnya.(ehm)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER