Kanal

DPRD Samakan Persepsi dengan Pemprov Riau

PEKANBARU - Riatribune : DPRD Riau menggelar kegiatan diseminasi/sosialisasi. Bertujuan untuk menyamakan presepsi dengan Pemprov Riau dalam hal penganggaran. Kegiatan tersebut mendatangkan pemateri dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, dan PBPK RI.

Kegiatan yang bertempat di hotel bintang lima, Jumat (23/9) itu bertemakan "Sosialisasi sistem/prosedur perencanaan kegiatan dan perencanaan anggaran sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku".

Usai pembukaan acara bimtek tersebut, Sekretaris Daerah (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi, mengatakan, kegiatan tersebut untuk menyamakan persepsi antara pemerintah daerah dan DPRD yang fungsinya sebagai pengawasan anggaran.

"Tujuannya ini untuk menyatukan persepsi antar pemerintah daerah dan DPRD dalam hal penganggaran," katanya.

Dia mengatakan, dalam penggunaan anggaran, setiap daerah, baik pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, harus mengunakan anggaran secara transparan. Maka dari itu, imbuhnya, perlu disatukan persepsi antara legislatif dan eksekutif.

"Karena legislator berperan melakukan pengawasan dalam mengawasi pemerintah derah," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan wakil ketua DPRD Riau Sunaryo. Dikatakannya, pada hari ini, pihaknya bersama eksekutif menyamakan persepsi dengan tentang penganggaran yang tentunya menguntungkan masyarakat Riau,

Selama ini diakuinya komunikasi antara DPRD Riau dengan Pemprov Riau dalam hal penganggaran kurang maksimal. Ini terbukti dari banyaknya pokok-pokok pikiran anggota dewan yang tidak diakomodasi dalam APBD Riau.

"Berhubung ada sekda yang hadir, apa salahnya kami samakan persepsi dari sekarang. Sekarang kami berpikir ke depan, bagaimana anggaran yang dianggarkan bisa menyentuh masyarakat langsung," tuturnya.(mbo)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER