Kanal

Gempa 5,4 SR, Warga Bengkulu Berhamburan Keluar Rumah

BENGKULU - riautribune : Gempa tektonik 5,4 Skala Richter mengguncang Bengkulu, Sabtu (17/9/2016) sekira pukul 09.30 WIB. Getaran gempa ini dirasakan warga di tujuh daerah yakni Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur, Seluma, Bengkulu Tengah, Kepahiang, Rejang Lebong, dan Kota Bengkulu.

Gempa berpusat di 79 kilometer arah barat daya Bengkulu Selatan atau pada koordinat 4,79 lintang selatan-102,49 bujur timur. Gempa dengan kedalaman 19 Km itu sempat membuat panik warga di tujuh daerah tersebut. Mereka berhamburan keluar rumah saat bumi digoyang gempa.

"Jaraknya cukup dekat. Sehingga getaran gempa banyak dirasakan di wilayah Bengkulu," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Litman.

Menurutnya gempa tersebut tergolong dangkal sehingga tidak berpotensi memicu gelombang tsunami. Hingga kini belum ada laporan korban jiwa atau kerusakan akibat gempa.

Litman menjelaskan bahwa Bengkulu berada di jalur subduksi lempeng Indo-Australia dan Eurasia. ''Aktivitas gempa sering terjadi di wilayah Bengkulu. Gempa tadi dipicu oleh mekanime penyesaran naik (thrust fault) dan tidak berpotensi tsunami,'' pungkasnya.(Okz)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER