Kanal

Hadapi Malaysia Malam Ini, Timnas Siap Tampil Menyerang

SOLO - Timnas Indonesia dan Malaysia berjanji sama-sama ingin menampilkan permainan yang bermutu pada pertandingan uji coba persiapan kejuaraan AFF Suzuki Cup 2016, di Stadion Manahan Solo, Jateng, Selasa malam.

Timnas Indonesia berjanji akan bermain terbuka penyerang ke pertahanan lawan. Hal itu dikatakan Asisten Pelatih Timnas Indonesia Hang Peter Schaller, usai "technical meeting" Indonesia-Malaysia, di Hotel Lor In Solo, Senin. Meskipun, hanya melakukan persiapan selama dua hingga tiga hari, atau lebih pendek dibanding Malaysia sekitar 10 hari, tetapi timnya akan tampil maksimal dengan bermain terbuka menyerang.

"Kami akan menggunakan formasi tim 4-4-2, tetapi siapa pemain yang akan diturukan masih menunggu saat laga," kata Hang Peter Schaller. "Kita lihat bertandingan Timnas melawan Malaysia yang akan sama-sama menampilkan yang terbaik."

Menyinggung soal kapten Timnas Indonesia, Hang Peter Schaller mengatakan mempercayakan kepada pemain senior Boaz Salossa untuk memimpin timnya di lapangan. "Boaz ini, selain pemain berpengalaman dia juga bermain konsisten di lapangan," ucap Schaller.

Pelatih Timnas Malaysia Datuk Ong Kim Swee mengatakan baik Timnas Indonesia maupun Malaysia akan menampilkan bermainan yang berkualitas untuk menghibur penonton.

Menurut On Kim Swee persiapan Indonesia yang lebih mepet dibanding Malaysia, tetapi tuan rumah banyak jadwal kegiatan kompetisi di Liga dalam negerinya.  "Timnas Indonesia yang tidak ada kegiatan internasional yang cukup lama, tetapi mereka mempunyai kompetisi Liga di dalam negeri yang jadwalnya padat," kata Ong Kim Swee.

Meskipun, kedua tim melakukan persiapan waktu yang cukup singkat, tetapi baik Indonesia maupun Malaysia akan menampilkan permainan yang berkualias untuk persiapan ke AFF Suzuki Cup 2016 mendatang.

Menyinggung targetkan Malaysia menghadapi Indonesia, Ong Kim Swee mengatakan timnya ingin kemenangan atas tuan rumah Indonesia.

Namun, kata dia, Malaysia melawan Indonesia kemenangan bukan menjadi utama, tetapi melihat keserasian dan kekompakan tim yang sedang melakukan transisi dari pemain senior ke juniornya.

Ong Kim Swee mengatakan salah satu pemain Indonesia yang dikenal di Malaysia, yakni Andik Vermansyah yang pernah bermain Tim Selangor pada 2011 dan 2013 yang menjadi keuntungan bagi Indonesia. Andik dapat mengenali tipe permainan Malaysia. "Bagi saya Timnas Indonesia dan Malaysia akan mengeluarkan semua kemampuan untuk menampilan yang berkualitas," tuturnya.

Namun, pelatih Datuk Ong Kim Swee masih merasiakan formasi tim yang akan diturunkan melawan tim tuan rumah, dan tidak ada pemain lawan yang harus mendapat penjagaan khusus. Semua pemain lawan harus dijaga waspadai.

"Saya dan timnya akan tampil bersemangat dan baik. Namun, timnya yang terpenting menjaga kekompakan antara pemain," kata kapten Timnas Malaysia Amri Yahya.

Menurut Amri Yahya yang termasuk pemain senior di Malaysia, timnya saat ini, banyak diperkuat pemain-pemain muda potensial yang sering bermain di Timnas Malaysia.

"Saya berharap gabungan pemain senior dan junior dapat bermain kompak untuk menampilkan yang terbaik. Semua pemain komitmen fokus pada permainan dan akan mengeluarkan kemampuannnya yang terbaik, " imbuh Amri.(tmpo)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER