Kanal

Kapolri Jelaskan Soal Penyanderaan Petugas KLHK di Riau

JAKARTA - riautribune : Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian mengklarifikasi kabar penyanderaan petugas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang masuk ke dalam lahan PT. Andika Permata Sawit Lestari. Menurut dia, penyergapan disebabkan adanya petugas, yang seolah-olah sebagai penyelidik.

"Lalu mereka disergap di sana dan tidak boleh pergi," kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin 5 September 2016.

Selain itu, menurut informasi yang diperoleh, Tito menjelaskan penyergapan dilakukan petani plasma yang lahannya terbakar. Mereka merasa dirugikan karena panen sawit mereka pun gagal. "Plasma ini merasa kebun inti mereka dirugikan, tetapi pemberitaan memojokan mereka," kata dia.

Petani plasma tersebut, kata Tito, merasa diperlakukan tidak adil. "Mereka curiga ada upaya sampingan yang dilakukan perusahaan sawit itu," ujarnya. Tito meminta masyarakat melihat pemberitaan secara menyeluruh. "Jangan lihat yang dipermukaan saja."

Direktur Jenderal Penegakan Hukum, Rasio Ridho Sani, menuding PT APSL memfasilitasi kelompok petani di lahan perkebunannya. Dia menduga kuat kelompok tani suruhan perusahaan itulah yang menyandera tim penegakan hukum. Jumlahnya 50-100 orang, yang datang secara silih berganti.

Ketujuh petugas itu dibebaskan pada Sabtu, 3 September 2016, setelah dilakukan negosiasi yang alot antara tim Kementerian Lingkungan Hidup dan penyandera.(tmpo)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER