Kanal

Warga Dumai Mulai Terserang ISPA Akibat Kabut Asap

PEKANBARU – riautribune : Bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau sudah berdampak kepada kesehatan masyarakat. Ribuan orang kini terserang penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril mengatakan, berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan Kota Dumai sudah 10.000 lebih warga terserang ISPA.

"Dari jumlah penderita ISPA yang ada di Kota Dumai, tidak semua murni akibat terkena paparan asap. Sebagian ada juga yang terkena ISPA karena bakteri dan virus," kata Andra, Senin (22/8/2016).

Jumlah penderita ISPA di Dumai merupakan kumulasi dari Januari hingga Agustus 2016. "Sedang kebakaran yang parah di Dumai baru sebulan ini," tutur Andra.

Berdasarkan data dari Satgas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau, hari ini terdeteksi kebakaran di beberapa wilayah seperti Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir (Rohil), Pelalawan dan Rokan Hulu (Rohul).

Kebakaran terparah berada di Rokan Hilir. Di daerah pesisir Riau itu terdapat sejumlah titik api seperti di Kecamatan Pujud dan Labuhan Tangga Besar.(okz/rt)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER