Kanal

Hari yang Baik untuk Everton

BELUM kalah, sudah bisa menang, dan Romelu Lukaku memastikan akan bertahan di Goodison Park. Hari yang baik untuk Everton dan Ronald Koeman. The Toffees sedang memulai babak baru dengan pelatih barunya itu. Setelah di pekan pertama Premier League minggu lalu bermain imbang 1-1 melawan Tottenham Hotspur, hari Sabtu (20/8) kemarin Everton berhasil memetik kemenangan 2-1 di kandang West Bromwich Albion.

Gareth Barry dkk. sempat tertinggal 0-1 di babak pertama, ketika menggunakan formasi 3-4-3. Di babak kedua Koeman mengubah taktik dengan memakai 4-2-3-1, dan mereka mengakhiri laga dengan kemenangan.

"Perubahan taktik," sebut pelatih asal Belanda itu mengomentari kunci kemenangan pertamanya bersama Everton. "Kami memulai dengan tiga pemain bertahan, seperti waktu menghadapi Tottenham. (Ternyata) Anda membutuhkan seorang target man dan bermain lebih melebar. Dari sana kami menjadi lebih dominan (atas West Brom)."

Bagi Koeman ini adalah musim ketiganya di Premier League, setelah menghabiskan dua yang pertama bersama Southampton. Berturut-turut ia membawa The Saints finis di peringkat ketujuh lalu keenam.

Everton, yang musim lalu menghuni posisi ke-11, kemudian merekrut Koeman setelah memutuskan berpisah dengan Roberto Martinez. Maka Koeman memberi awal yang cukup baik untuk tim asal kota Liverpool tersebut.

Selain meraih kemenangan pertamanya, kabar bagus lain untuk fans Everton adalah Lukaku dipastikan tidak akan pindah. Masa depannya sempat jadi spekulasi setelah striker Belgia itu mengisyaratkan hengkang karena ingin merasakan main di kompetisi Eropa (Liga Champions) – dan Chelsea ingin membawanya kembali ke Stamford Bridge.

"Dia berbicara dengan saya kemarin pagi dan mengatakan bahwa dia memutuskan bertahan paling tidak satu musim lagi. Ini berita luar biasa untuk semua orang di Everton," ungkap Koeman. Lukaku belum terlibat dalam dua pertandingan timnya karena masih memulihkan cederanya. Tapi Koeman mengindikasikan bahwa top skorer timnya musim lalu itu akan siap beraksi musim depan.(dtc/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER