Kanal

Jokowi Pimpin Upacara HUT Ke-71 di Istana

JAKARTA - riautribune : Presiden Joko Widodo akan bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan HUT Ke-71 RI di Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Rangkaian upacara ini akan dimulai sejak pukul 08.00 WIB, Rabu (17/8/2016).

Peringatan hari jadi republik ini diawali pengarakan bendera pusaka merah putih dari kawasan Monumen Nasional (Monas) dengan menggunakan kereta kencana Ki Jaga Raksa yang merupakan milik Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Selanjutnya, pengibaran bendera pusaka dilakukan sekira pukul 10.00 WIB, tepat saat Presiden pertama RI Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia 71 tahun silam. Pengibaran bendera hari ini akan dilaksanakan oleh 67 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Selain pengibaran bendera pusaka, flypass oleh TNI Angkatan Udara menjadi agenda utama pada upacara ini. Di akhir upacara, paduan suara Gita Bahana Nusantara akan menyanyikan lagu-lagu nasional.

Sementara itu, rangkaian penurunan bendera pusaka akan dimulai pada pukul 15.00 WIB. Akan ada sejumlah penampilan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Kesenian Massal Tulung Agung, Reog Gendang, Marching Band TK Annisa, Rampak Bedug Banten, Marching Band POCIL Papua Barat, dan anak-anak Di Atas Rata-Rata.

Sebelum upacara penurunan bendera yang akan dilaksanakan pada pukul 17.00 WIB, dilakukan arak-arakan bendera dan pertunjukkan dari Marinir Pasukan Pengamanan Presiden. Setelah upacara penurunan bendera, rangkaian kegiatan akan ditutup oleh arak-arakan bendera dari halaman Istana Merdeka menuju Monas.(okz/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER