Kanal

Alasan Suzuki Pertahankan Mesin 1,5 Liter di Mobil SX4 S-Cross

TANGERANG-riautribune: Suzuki SX4 S-Cross resmi meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Mobil yang dibawa dalam bentuk utuh dari India tersebut dibekali dengan mesin berkode M15A VVT atau berkapasitas 1,5 liter, padahal di beberapa negara yang memasarkannya sudah mengadopsi mesin baru berkapasitas 1,6 liter.

Mengenai pemilihan mesin 1,5 liter,  Davy J Tuilan, 4W deputy managing director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan bahwa mesin tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi jalan dan kualitas bahan bakar minyak di Indonesia.

"Kami melakukan riset dan melihat untuk pasar Indonesia dengan segala faktor yang memengaruhi, termasuk salah satunya adalah kualitas dari bahan bakar, kondisi jalan, dan lain-lain. Kami memutuskan menggunakan mesin M15A yang terbaik saat ini. Mengapa tidak memperkenalkan mesin-mesin lain yang seperti ada di India, itu merupakan strategi product planning," terang Davy, kemarin.

Namun, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan ke depannya mesin baru tersebut akan disematkan pada Suzuki Sx4 S-Cross. Hal tersebut tentu akan melihat perkembangan dan kebutuhan penggunaannya.

Suzuki SX4 S-Cross memiliki mesin 1,5 liter VVT yang mampu menghasilkan tenaga 80 kW pada 6.000 rpm dan torsi 138 nm pada 4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan atau otomatis enam percepatan.

Di beberapa negara, salah satunya di Inggris, SX4 S-Cross menggunakan mesin bensin 1,6 liter empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga 88 kW pada 6.000 rpm dan torsi 156 nm pada 4.400 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual lima percepatan.(okz/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER