Kanal

Puspayoga Ajak Gubernur Riau Jalankan Empat Program Prioritas

PEKANBARU - riautribune : Menteri Koperasi & UKM, Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga, kembali mengingatkan empat program Presiden Jokowi untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

"Pak Gubernur, Pak Bupati tentu sudah tahu 4 program yang disampaikan Presiden. Infrastruktur, tourism, energi dan maritim," kata menteri dalam sambutannya saat membuka Peringatan HUT Ke-69 Koperasi di Perawang, Kab Siak, Provinsi Riau, Kamis (11/8).

Acara ini selain dihadiri Gubernur Riau dan Bupati Siak, unsur Satuan Perangkat Daerah, tokoh masyarakat dan gerakan koperasi & UKM se Provinsi Riau.

Menurut mantan Wagub Bali ini, keempat program ini sangat berkaitan erat dengan koperasi dan UKM.  Jika infrastruktur jalan, koperasi & UKM akan tumbuh. Akan tumbuh perdagangan. Ekonomi akan tumbuh, sehingga bisa membuka lapangan kerja dan menekan kemiskinan.

"Ini program sinergi," jelasnya.

Demikian dengan tourism. Tourism jalan, koperasi & UKM pasti jalan sendiri. Bali yang dikenal daerah wisata, UKM tumbuh dengan sendirinya.

Namun untuk mengembangkan wisata di Riau, menteri mengungkap tidaklah mudah. Untuk menjadi daerah wisata, Bali sendiri butuh waktu panjang. Bukan 10 atau 20 tahun. Tapi satu abad lebih oleh raja-raja di Bali.

Selain itu juga diperlukan kesiapan masyarakat. Saat ini banyak daerah wisata, tapi tak bisa berkembang karena masyarakatnya tak siap menerima.

"Ini tantangannya," jelasnya.(rmol/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER