Kanal

Jokowi Minta Pemda Segera Belanjakan Anggaran

JAKARTA - riautribune : Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah (pemda) segera belanjakan anggaran. Uang yang sudah diterima dari pemerintah pusat jangan sampai mengendap di bank.

"Ini pekerjaan lapangan yang sering kita lupa. Apa yang harus dilakukan untuk pertumbuhan ekonomi. Segera itu keluarkan anggaran APBD, baik provinsi kabupaten dan kota. Seawal mungkin setiap tahunnya. Karena uang itu akan beredar dan akan menambah, meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kota, kabupaten, dan provinsi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan hal ini dalam pidatonya di Rakornas TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) yang digelar di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (4/8/2016).

"Bahwa pada Mei uang di APBD kabupaten, kota, provinsi masih Rp 246 triliun. Besar sekali. Kalau uang ini keluar semua, ekonomi kita kan terdongkrak naik. Juni turun jadi Rp 214 triliun tapi masih di atas Rp 200 triliun, hati-hati bapak-ibu," jelasnya.

Jokowi tidak mau lagi realisasi pelaksanaan anggaran terus molor. Tanpa uang ini, kata Jokowi, pemda tidak akan punya kekuatan untuk menumbuhkan ekonomi.

"Tanpa uang ini dikeluarkan, dari mana uang beredar di daerah apalagi daerah yang tidak punya kekuatan di sektor swastanya akan lebih berat lagi. Jadi penting. Segera keluarkan, segera lelang. Jangan ditunda-tunda Rp 246 triliun, Mei-Juni 214. Juli saya belum dapat angkanya. Ini masalah yang berkaitan dengan APBD," katanya.(dtk/rt)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER