Kanal

Taufik Pastikan Panwascam Akan Ikuti Pelatihan

PEKANBARU-riautribune Setelah melewati berbagai proses, Bawaslu Pekanbaru mengumumkan hasil seleksi Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam), Kamis (23/05/2024). Selain pengumuman nama-nama Panwascam yang lulus, Bawaslu Kota Pekanbaru juga akan menggelar pelatihan, demi memberikan pemahaman aturan bagi Panwascam se Kota Pekanbaru. Demikian diungkapkan Taufik Kordiv SDM Bawaslu kota Pekanbaru

Seleksi Panwascam yang akan bertugas di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ini ada dua prosedur. Pertama melakukan evaluasi terhadap calon existing atau Panwascam yang bertugas saat Pemilu lalu.

Kedua, melakukan perekrutan ulang jika nanti ada Panwascam existing yang dinyatakan tidak memenuhi syarat setelah dievaluasi. Hari ini, Bawaslu Pekanbaru mengumumkan 45 Panwascam yang akan bertugas di 15 kecamatan di Pekanbaru.

Koordinator Divisi SDMO & Diklat Bawaslu Pekanbaru Taufik Hidayat mengucapkan selamat atas kelulusan 45 Panwascam ini. Ia menyebut, perekrutan Panwascam sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Panwascam ini adalah orang-orang terbaik, yang peduli dengan demokrasi. Mereka adalah orang-orang terpilih di antara yang terbaik, semoga amanah dan menjalankan tugas dengan baik" kata Taufik yang juga lama berkiprah di media kota Pekanbaru.

Ia mengharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar mereka dapat melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban mereka nantinya dalam melaksanakan pengawasan di setiap tahapan di wilayah kecamatan masing-masing.

Ia juga menambahkan, 45 Panwascam ini akan dilantik dan pembekalan pada Sabtu lusa di Hotel Grand Elite Pekanbaru. "Pelantikan dan pembekalan Panwaslu Kecamatan se-Kota Pekanbaru dilaksanakan pada tanggal 25 sampai dengan 26 Mei 2024 di Hotel Grand Elite," kata Taufik.

Ia juga mengingatkan, peserta wajib melengkapi berkas administrasi Surat Kesehatan Rohani dan bebas dari Penyalahgunaan Narkotika dari Rumah Sakit Bhayangkara Pekanbaru.

"Berkas diantar langsung oleh yang bersangkutan pada tanggal 23 sampai dengan 24 Mei 2024 ke Sekretariat Bawaslu Kota Pekanbaru, Jalan Puyuh, pukul 08.00 sampai 16.00 Wib," jelasnya.

Kemudian saat pelantikan, laki-laki wajib mengenakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL), seperti kemeja putih dasi merah, celana hitam dan jas hitam serta memakai peci hitam. Untuk perempuan menggunakan pakaian kebaya.

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER