Kanal

Akuntabel, Transparan, dan Amanah: Semangat Baru Kopkar PT RAPP

PANGKALAN KERINCI, Riautribune. com - Regenerasi merupakan momentum untuk membangkitkan semangat baru dalam organisasi. Untuk meningkatkan pengelolaan, Koperasi Karyawan (Kopkar) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Pada RAT yang digelar di Hotel Unigraha, Riau Kompleks, Sabtu (18/5/2024) ini, terpilih pengurus baru yang mengusung jargon akuntabel, transparan, dan amanah (ATA).

Pada RAT yang juga sempat dihadiri General Manager (GM) HRD RAPP Wilim ini, Ketua Kopkar RAPP periode 2021-2024, Tengku Kespandiar, menyampaikan laporan pertanggungjawaban masa kepemimpinannya kepada perwakilan anggota yang hadir. Setelah penyampaian laporan pertanggungjawaban, acara dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Pengurus dan Ketua Pengawas untuk periode 2024-2027.

Hermawan dan Adlin mencalonkan diri sebagai Ketua Pengurus Kopkar. Sementara itu, untuk posisi Ketua Pengawas Kopkar, dua kandidatnya adalah Tengku Kespandiar dan Adi Ruhimat.

Masing-masing kandidat menyampaikan visi dan misi di hadapan peserta RAT, yang disambut dengan antusias. Visi dan misi yang disampaikan menjadi pertimbangan para peserta untuk memilih calon pemimpin selanjutnya.

Proses pemungutan suara dimulai dengan pemilihan Ketua Pengawas. Adi Ruhimat berhasil meraih 69 suara dari total 122 suara perwakilan, sementara Tengku Kespandiar mendapatkan 46 suara, dengan 7 suara dinyatakan tidak sah.

Selanjutnya, pada pemilihan Ketua Kopkar, Hermawan memperoleh dukungan mayoritas dengan 80 suara dari total 121 suara perwakilan, sedangkan Adlin mendapat 41 suara.

Ketua terpilih, Hermawan, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan para peserta RAT.

"Sesuai dengan visi dan misi yang saya sampaikan, saya akan berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan menjadikan koperasi ini pilihan utama bagi seluruh anggota untuk berinvestasi, maupun memenuhi kebutuhan mereka," ungkap Hermawan.

Dijelaskannya, Kopkar RAPP yang didirikan sejak tahun 1995 kini memiliki belasan ribu anggota. Kopkar dibentuk dengan semangat bersama untuk membantu dan meningkatkan kesejahteraan karyawan. Saat ini beberapa unit bisnis telah berjalan di Kopkar RAPP, seperti simpan pinjam, minimarket, kredit motor dan barang elektronik.

Lebih lanjut, Hermawan menjelaskan, nantinya akan ada beberapa program unggulan yang akan direalisasikan di tahun 2024, salah satunya adalah program pinjaman tanpa penjamin. Program ini memudahkan karyawan untuk meminjam dari koperasi.

“Saat ini kebijakan yang berlaku adalah pinjaman dengan penjamin, jadi terkadang karyawan merasa berat untuk mencari penjamin yang grade-nya selevel atau memiliki grade yang lebih tinggi dari peminjam. Apalagi ketika karyawan membutuhkan pencairan yang cepat, misalnya ketika karyawan tertimpa musibah atau kemalangan,” sebut Hermawan.

Di kepengurusan baru ini, Hermawan berharap seluruh pengurus yang nantinya dilantik bisa tetap menjaga komitmen bersama untuk menjalankan roda organisasi dengan sebaik mungkin, sesuai jargon kepengurusan baru periode 2024-2027 yakni 'ATA'.

"Kita akan bekerja bersama-sama dan lebih mengaktifkan keikutsertaan anggota dalam program-program Kopkar RAPP ke depannya," tutup Hermawan.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER