Kanal

Belasan Ribu Rumah di Rohil Tenggelam, Bupati Minta Bantuan Pemprov Riau

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong mengatakan ada belasan ribu rumah di sembilan kecamatan di Rohil saat ini tengelam akibat bencana banjir. 

Ke 9 kecamatan yang terdampak banjir akibat kerusakan hutan, dan tingginya curah hujan tiga minggu belakangan, antara lain Kecamatan Tanah Putih, Tanjung Medan, Pujud, Rantau Kopar, Kubu, dan Kubu Babusalam. 

Hal itu disampaikan Bupati Rohil Afrizal Sintong, pada Video Conference (Vidcon) Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Dalam Rangka Penanganan Banjir di Provinsi Riau, Senin (8/1/2024) di Gedung Bupati Rohil. 

Vidcon Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Penanganan Banjir di Provinsi Riau tersebut dipimpin Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal. Bupati Rohil Afrizal Sintong, didampingi Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, Kodim 0321 Rohil, serta Forkopimda, menyampaikan kondisi terkini bencana banjir di Rohil. 

"Ada sembilan kecamatan di Rohil terdampak banjir, khususnya wilayah pinggiran Sungai Rokan, serta kiriman air dari hulu sungai Rokan. Ada 14 ribu keluarga yang terkena dampak, dan banyak yang mengungsi ke Duri, Bengkalis," kata Bupati Afrizal Sintong, kepada Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal.  

Dari penjelasan Bupati Afrizal Sintong, beberapa tempat ketinggian air mencapai lebih dari satu meter. "Bahkan sudah ada rumah warga yang terendam dengan ketinggian separuh rumah," jelas Bupati. 

Ketinggian air banjir, sebut Bupati, turut menyebabkan beberapa ruas jalan di Rohil terputus, seperti jalan menuju Rantau Kopar,  jalan lintas pesisir Pekaitan - Kubu - Panipahan, serta jalan ke Sinaboi juga sulit ditempuh disebabkan becek. 

"Satu lagi pak Jendral, Jalan Nasional di Balam KM 38 juga sudah parah. Takutnya ini akan menjadi macet panjang. Sebab itu kami meminta bantuan Dinas PU Riau untuk segera menangani ini, minimal dapat diminimalisir agar tidak longsor," jelas Bupati. 

Dikatakan Bupati, Pemkab Rohil membutuhkan perahu karet atau sampan, untuk mengevaluasi warga, serta mengangkut barang-barang rumah tangga milik warga agar tidak rusak. 

"Kami juga minta bantuan tambahan posko dari BPBD Riau dan bantuan sembako dari Dinsos Riau. Apalagi banjir ini diperkirakan masih lama tentunya kami butuh bantuan Provinsi," ucap Bupati. 

Pemkab Rohil bersama Forkopimda, jelas Bupati, telah bekerjasama mendirikan Posko, dan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat. 

"Memastikan penanganan banjir, kami melanjutkan rakor dengan Forkopimda, dan perusahaan yang ada untuk sama-sama membantu menangani bencana banjir," jelas Bupati Afrizal Sintong. (rilis/amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER