Kanal

Harapkan Sungai Jantan Tetap Lestari, Pemkab Siak Gelar Festival Sungai Siak 2023

PEKANBARU, Riautribune.com- Mengusung konsep hiburan dan kelestarian lingkungan, Pemerintah Kabupaten Siak jelang akhir tahun 2023 dengan mengelar Festival Sungai Siak. 

Ivent ini merupakan Iven perdana di gelar oleh Pemerintah, yang berlangsung dari tanggaln21-24 Desember 2023 dan akan diwacanakan menjadi Iven tahunan yang ditaja Pemkab Siak melalui dinas Pariwisata. 

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa, mengatakan event Festival Sungai Siak ini di gelar untuk membangun kembali peradaban tepian sungai Siak di masa lalunya, yang mana pada dahulunya sungai Siak ini menjadi jalur perdagangan yang cukup penting dan menjadi jalur utama perdagangan. 

"Sungai Siak berabad-abad lalu, memiliki sejarah penting, untuk di ketahui generasi muda kita. Sungai Siak tidak hanya jalur perdagangan namun sungai menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat kabupaten Siak," ujarnya kepada awak media Kamis 21 Desember 2023 di Siak. 

Tekad menjelaskan Festival Sungai Siak ini akan menjadi event tahunan wisata di Kabupaten yang berjuluk Negeri Istana Matahari timur dengan salah satu targetnya bagaimana masyarakat dapat melestarikan sungai agar tetap bersih dan mengembalikan fungsi sungai sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat. 

"Event ini paket komplit di dalamnya nanti ada eksibisi riak-riak sungai Siak, seminar tentang Sungai Siak, Bazar Ekraf, Susur Sungai Siak, Lomba Sampan Hias, Lomba Mancing di hari terakhir nanti kita laksanakan deklarasi menjaga Sungai Siak," terangnya. 

Lanjutnya mengatakan, untuk deklarasi menjaga sungai Siak, pihaknya akan mengundang kabupaten yang dilewati sungai-sungai besar Riau, yaitu Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hulu dan Indra Giri Hilir. 

"Kita bakal mengundang pihak swasta yang memanfaatkan sungai Siak, Pemkab dan kota yang dilintasi sungai Siak, komunitas, nelayan dan masyarakat di bantaran sungai. Agar memiliki komitmen yang sama dalam memanfaatkan sungai, menjaga sungai agar tidak tercemar," sebutnya. 

Selain itu, dalam kegiatan ini juga diadakan susur sungai, melihat sungai dengan mengajak wisatawan ikut menyusuri sungai Siak dengan sampan. Kemudian menggelar seminar tentang sungai Siak. 

Festival Sungai Siak ini bakal melengkapi tiga program bupati Siak untuk menggaet wisatawan. Pertama menggelar berbagai event pada libur sekolah, kemudian hari jadi Kabupaten Siak dan libur akhir tahun. 

"Kegiatan kita fokuskan di sungai Siak, kawasan Tepian Bandar Sungai Jantan (TBSJ). Untuk susur sungai untuk saat ini, kita fokus ke peserta aja dulu, kedepan mungkin wisatawan kita bawa menyusuri sungai Siak," kata dia. 

Di jadwalkan kamis malam event Festival Sungai Siak akan dibuka Bupati Siak Alfedri, dengan menampilkan sejumlah kesenian dan artis. 

“Kita mengemas kegiatan ini dengan meriah dan mengesankan, grand opening di pinggir sungai dengan menggunakan ponton. Kegiatan lebih banyak pada malam hari,” tutupnya. (Rizal Iqbal)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER